Ketua Dekranasda Bali: 60 persen Perempuan Bali Berperan di Bidang Kewirausahaan

    


Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kewirausahaan yang dilakukan oleh perempuan di Bali mencapai angka 60%. Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengatakan, wirausahawan perempuan mendominasi dibanding laki-laki.

Ia memberikan contoh, dalam pembuatan kain tenun Bali, mayoritas dilakukan oleh perempuan.

“Kain tenunan pasti dihasilkan dari tangan-tangan perempuan Bali yang tulus,” kata Putri Suastini Koster dalam Webinar yang diselenggarakan Ikatan Pimpinan Tinggi (PIMTI) Perempuan Indonesia, Rabu, 8 Desember 2021.

Pendamping orang nomer satu di Bali itu menambahkan, peran perempuan Bali sejak dulu sudah berjalan seiringan dengan peran laki-laki dalam kehidupan yang saling melengkapi.

Ia mengibaratkan peran perempuan Bali dalam sebuah filosofi Trimurti. Filosofi itulah, kata Putri Koster, yang mendasari masyarakat Bali saling membantu dan bekerjasama dengan suami dalam membina bahtera rumah tangga.

Dalam Trimurti dikenal tiga dewa penting dalam ajaran Hindu yakni, Brahma sang pencipta, Wisnu sang pemelihara, dan Siwa.

“Jika filosofi ini dijalankan dengan benar, maka tidak akan lagi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan,” ujar seniman multitalenta ini.

Webinar PIMTI Perempuan Indonesia mengangkat tema ‘Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dalam Kewirausahaan’ yang digelar secara daring.

Hadir dalam webinar itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S.Uno dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Pupayoga. Webinar berlangsung hingga 10 Desember 2021. (Way)