Kemarau Panjang, Umat Muslim di Kebumen Gelar Sholat Minta Hujan

    


Warga dan santri Ponpes Al Hasani, Jatimulyo, Alian, Kebumen, saat melakukan sholat minta hujan (Istisqo), Kamis (26/9) sore - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ratusan jamaah yang terdiri dari para santri Ponpes Al Hasani, Jatimulyo, Alian, Kebumen, bersama dengan lapisan masyarakat secara khusyuk melaksanakan Sholat Istisqo (sholat minta hujan), Kamis (26/9) sore.

Mereka berdoa, agar segera diturunkan hujan di wilayah Kebumen. Sholat dipimpin oleh Gus Fahrudin Al Hasani, pengasuh pondok setempat.

“Sholat Istisqo merupakan ikhtiar kita agar segera diturunkan hujan. Ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU),” ujar Gus Fahrudin.

Hujan yang diminta, kata Gus Fahrudin, hujan yang membawa keberkahan serta memberikan rahmat bagi seluruh makhluk yang ada di muka bumi.

Sholat ini, ungkap Gus Fahri, dilakukan dengan cara sholat dua rakaat seperti Sholat Ied. Perbedaan keduanya terletak pada penempatan khutbah, pembacaan takbir, dan arah khatib pada khutbah kedua. (Jon)