Indonesia Undang Menkeu Ukraina Secara Virtual di Pertemuan Finance Track G20

oleh
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20 digelar secara hybrid di Nusa Dua, Bali, Jumat, 15 Juli 2022.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan ketiga pada jalur keuangan (finance track) di bawah Presidensi Indonesia. Sebelumnya, pertemuan diselenggarakan bulan Februari 2022 di Jakarta dan April 2022 di Washington D.C.

Finance Ministers & Central Bank Governors’ Meeting (FMCBG) berlangsung selama dua hari. Rangkaian pertemuan ketiga FMCBG Presidensi G20 Indonesia ini menjadi yang terbesar dihadiri oleh delegasi asing.

Ada 407 delegasi asing hadir secara fisik di Bali dan 120 delegasi hadir secara virtual. Selain itu, tercatat 17​ Menteri Keuangan dan 11 Gubernur Bank Sentral hadir secara fisik di Nusa Dua, Bali.

Presidensi G20 Indonesia kembali mengundang Menteri Keuangan Ukraina untuk hadir secara virtual.

“Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20 tersebut bertujuan mendorong ekonomi global mencapai pemulihan bersama yang lebih kuat di tengah meningkatnya tantangan yang semakin mengemuka,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Jumat, 15 Juli 2022.

Sri Mulyani mengatakan, G20 perlu melakukan tindakan nyata yang didasari semangat kerja sama, kolaborasi, dan konsensus untuk mengatasi tantangan global.

“Para delegasi akan membahas tujuh agenda prioritas maupun legacy pada jalur keuangan,” jelasnya. (Way)

KORANJURI.com di Google News