Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Kaum Milenial Harus Merubah Mindset

    


Syafii Efendi, berfoto bersama para peserta, usai mengisi seminar Motivasi Nasional Entrepreneurship & Pemuda Mandiri dengan Tema “Winning Mentality For Industrial Revolution 4.0”, Minggu (8/9), di ruang auditorium Universitas Muhammadiyah Purworejo - foto:Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekitar seribu seratus siswa siswi dari berbagai SMA/SMK/MA se Kabupaten Purworejo, mengikuti Seminar Motivasi Nasional Entrepreneurship & Pemuda Mandiri dengan Tema ”Beasiswa & Entrepreneurship di Era Millenial”, Minggu (8/9).

Kegiatan yang berlangsung di ruang aula Universitas Muhammadiyah Purworejo ini, diselenggarakan oleh DPD WIMNUS (Wirausaha Muda Nusantara) Jawa Tengah, dengan menghadirkan Motivator Muda no.1 Indonesia, yang juga Presiden Pemuda OKI Indonesia, Mr. Syafii Efendi.

Kegiatan ini, menurut Isfahan Naufal, selaku ketua panitia, diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan semangat berwirausaha di usia muda dan mempersiapkan pemuda Millenial Purworejo untuk dapat bersaing di Era Revolusi Industri 4.0.

“Diharapkan, pembicara mampu menularkan semangat kecintaan terhadap bangsa Indonesia dengan menumbuhkan mental dan wawasan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0,” ungkap Isfahan.

Selain para peserta, hadir dalam kegiatan seminar ini, Dr. Rofik Nurhadi M.Ag selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo, Drs Budi Harjono, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Purworejo dan beberapa kepala sekolah serta guru SMA/MA/SMK se Kabuaten Purworejo.

Kehadiran Syafii Efendi, yang juga Ketua Indonesian Entrepreneur Club (IEC) ini, disambut dengan tepuk tangan yang meriah. Suasana makin heboh, sesaat sebelum materi dimulai, ia menantang peserta untuk lebih dekat dengannya, dengan menempati dua barisan bangku kosong di depannya.

Penulis Buku Best Seller 10 Langkah Sukses di Usia Muda, dan motivator ternama yang sudah berkeliling Indonesia hingga ke berbagai negara ini, banyak bercerita melalui video, yang merupakan realita yang terjadi di Indonesia.

“Terjadi pergeseran, dari era industri lama, ke era Revolusi Industri 4.0. Semua fungsi akan bergeser ke robotik sistem,” ujar Syafii Efendi, di hadapan ribuan peserta seminar.

Motivator muda ini mencontohkan, bagaimana media offline akan mati dengan hadirnya media online, bagaimana you tube akan menggantikan broadcasting dan menghancurkan stasiun televisi, dan bagaimana, ojek akan makin tergilas dengan hadirnya gojek.

Perubahan, menurut Syafii Efendi, adalah tuntutan. Dan teknologi akan menggantikan peran manusia. Sebagai akibatnya, akan kalah bersaing, mengalami kebangkrutan, dan kemiskinan. Jika tidak bisa mengikutinya, maka akan makin tertinggal, dan ini dialami oleh orang-orang yang bermental dinosaurus (tidak mau berubah).

“Sebagai generasi muda, harus merubah mindset, merubah paradigma ini. Yang dibutuhkan karakter, mindset kepemimpinan. Sekarang eranya Entrepreneurship,” ujar Syafii Efendi.(Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas