Gianyar Akan Gelontorkan Lagi 3.500 Paket Sembako Tambahan

    


Sidang pengesahan RPJM semesta berencana tahun 2021 di Kantor DPRD Gianyar, Selasa (25/8/2020) - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Gianyar akan kembali menggelontorkan paket bantuan sembako tambahan. Sebanyak 3.500 Paket akan disebar untuk warga Gianyar yang tercecer pada pembagian sembako tahap pertama pada bulan Juli lalu.

Hal itu disampikan Bupati Gianyar I Made Mahayastra usai sidang pengesahan RPJM semesta berencana tahun 2021 di Kantor DPRD Gianyar, Selasa (25/8/2020).

Disebutkan, Pada bulan Juli lalu ada 28 ribu lebih paket sembako diberikan untuk warga Gianyar. Meski saat itu, ratusan paket sudah disiapkan sebagai cadangan. Nyatanya, masih banyak warga yang tercecer dari pendataan.

“Jaring pengaman sosial, Jumat ini kita meluncurkan 3.500 paket sembako, bagi warga yang tidak terdata saat pembagian tahap pertama,” kata Bupati Mahayastra.

Lanjutnya, pembagian sembako untuk warga Gianyar tidak cukup hanya sekali saja. Pembagian paket sembako juga akan dilakukan di bulan Oktober setelah hari raya Galungan. Sementara, saat ini, dana jaring pengaman sosial masih ada.

Sedangkan jaring pengaman sosial di tahun 2021, pihaknya mengaku masih menunggu intruksi dari pusat. Menurutnya, tahun 2021 vaksin covid-19 dikabarkan sudah ditemukan, dan bulan Januari sudah mulai disebarkan.

“Kita masih menunggu instruksi pusat, Tapi, jaring pengaman sosial di APBD induk 2021 sudah siap,” ujarnya.

Mengenai serapan anggaran penangan covid-19 tahun anggaran 2020 di Gianyar hingga bulan Agustus ini, disebutkan sudah lebih dari 50%. Anggaran penanganan covid-19 di Gianyar mencapai Rp 100 miliar.

Dana tersebut, digunakan untuk tiga hal yakni, dana kesehatan, recovery ekonomi, serta jaringan pengaman sosial. Untuk alokasi dana kesehatan sebesar Rp 40 miliar, recovery ekonomi sebesar Rp 10 miliar, dan jaring pengaman sosial sebesar Rp 50 miliar.

“Anggaran sudah terserap 50%, masih mencukupi untuk bulan Desember” tandas Mahayastra. (ning)