Genjot Literasi Masyarakat Bali, Pegadaian Kanwil VII Siap Luncurkan Produk Baru

    


Kepala Bagian Humas dan Protokoler PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, I Made Mariawan, SE, MM - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tingkat pemahaman (literasi) masyarakat Bali terhadap produk-produk dan layanan Pegadaian dinilai masih rendah. Untuk itu pihak Pegadaian mengajak media agar berperan serta menyebarkan informasi melalui pemberitaan sehingga masyarakat luas semakin memahami dan mengetahui produk-produk dan layanan yang dimiliki Pegadaian.

“Tingkat literasi masyarakat Bali terhadap Pegadaian baik itu layanan dan produk-produk kami hanya sebesar 9 persen. Artinya, dari 100 orang hanya 9 orang saja yang memahaminya. Angka ini tergolong kecil atau rendah dibandingkan masyarakat NTT dan NTB yang juga menjadi wilayah kerja Pegadaian Kanwil VII Denpasar,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokoler PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, I Made Mariawan, SE, MM kepada awak media di Balai Diklat Provinsi Bali, Denpasar, Jumat (28/5/2021).

Padahal menurutnya, Pegadaian tidak hanya sebagai tempat gadai, tetapi juga memiliki produk-produk yang bisa dimanfaatkan dengan keuntungan yang sangat menarik, salah satunya adalah Tabungan Emas. Pihaknya juga berharap peran media untuk ikut menyebarkan informasi kepada masyarakat hingga area pedesaan sehingga literasi masyarakat Bali terhadap Pegadaian meningkat.

“Adanya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan oleh PWI Bali bekerja sama dengan Pegadaian ini, tentu kami berharap akan muncul wartawan-wartawan yang profesional, tidak hanya menunggu berita tapi proaktif jemput bola mendekati narasumber. Kami selaku perusahaan juga berharap peran media untuk ikut membantu meningkatkan literasi masyarakat terhadap produk dan layanan Pegadaian serta jasa keuangan secara umum,” imbuhnya.

Plt. Kepala Departement Logistik PT. Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar ini menambahkan bahwa pada pertengahan Juni 2021 nanti akan dilakukan peluncuran dua produk baru Pegadaian, yaitu Gadai Harian dan Jasa Titipan.

“Kami optimis, dengan adanya dua produk baru ini nantinya transaksi di Pegadaian Kanwil VII bisa meningkat, yang saat ini masih agak ‘down’ akibat pandemi,” pungkas Mariawan. (Wan)