Gelas Emas Puskesmas Cangkrep Purworejo Ikut Memeriahkan HUT ke-55 BPJS Kesehatan

oleh
Senam Sehat Prolanis oleh Gelang Emas binaan Puskesmas Cangkrep Purworejo dalam rangka memeriahkan HUT ke-55 BPJS Kesehatan - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Gelas Emas (Gerakan Lansia Energik Mandiri Semangat) yang merupakan kelompok aktivitas fisik yang beranggotakan kelompok Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) binaan Puskesmas Cangkrep, Purworejo, ikut memeriahkan HUT BPJS Kesehatan ke-55.

Dalam kegiatan yang berlangsung Sabtu (15/07/2023) di halaman Kecamatan Purworejo, Gelang Emas mengadakan aksi ‘SEHAT PROLANIS’, yakni Senam HUT BPJS Kesehatan bersama Prolanis. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan Edukasi Kesehatan dengan tema Tetap Sehat Jiwa pada Peserta Prolanis.

Disampaikan oleh Kepala Puskesmas Cangkrep Purworejo, dr. RR. Nawang Sukestiningsih, M.Sc., banyak manfaat dengan menjadi peserta program BPJS Kesehatan yakni pelayanan kesehatan perorangan yang mencakup promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif termasuk pelayanan obat, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sesuai kebutuhan medis yang diperlukan.

“Dengan semangat gotong royong semua tertolong,” ungkap Nawang di sela kegiatan.

Sugito, warga Cangkrep Lor, Purworejo selaku Koordinator Senam Prolanis menyebut, banyak manfaat dengan mengikuti Prolanis, khususnya bagi para lansia yang mengalami sakit kronis seperti darah tinggi, diabetes melitus, jantung atau lainnya.

“Kegiatan dalam Prolanis, setiab Sabtu selalu melakukan senam dan sebulan sekali diadakan pemeriksaan kesehatan disertai pemberian obat. Setiap 6 bulan sekali, ada pemeriksaan urine. Jadi banyak manfaatnya karena kesehatan kita jadi terkontrol,” ujar Sugito, sambil menjelaskan, anggota Senam Prolanis di Puskesmas Cangkrep mencapai 70 an orang.

Dia berharap, dengan adanya Prolanis kesehatan anggotanya tetap terkontrol, sehingga apa yang menjadi cita-cita mereka, seperti masalah pengobatan atau lainnya bisa tercukupi.

“Untuk pelayanan Prolanis di Puskesmas Cangkrep bagus dan komplit sekali,” pungkas Sugito. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News