Edukasi Literasi Keuangan, SMK Kesehatan Purworejo MoU dengan Bank Raya Indonesia

    


Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos., M.Pd., bersama Aldrian Glevinno, perwakilan Bank Raya Indonesia cabang Purworejo berfoto bersama usai penandatanganan MoU, Kamis (18/08/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk memberikan edukasi tentang Literasi Keuangan kepada siswa, SMK Kesehatan Purworejo menjalin kerjasama dengan Bank Raya Indonesia cabang Purworejo. Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak, Kamis (18/08/2022).

Dari pihak SMK Kesehatan Purworejo, penandatanganan naskah kerjasama diwakili Nuryadin, S.Sos., M.Pd., dan dari Bank Raya Indonesia Cabang Purworejo diwakili Aldrian Glevinno.

Usai penandatanganan MoU, Nuryadin menyampaikan, bahwa jalinan kerjasama tersebut merupakan bagian dari komitmen sekolah untuk menjalin kerjasama dengan siapapun, baik itu dunia usaha dan dunia industri, rumah sakit, apotik, maupun perbankan.

“Kerjasama ini untuk menjawab, bagaimana kedepan di era milenial, kita bekerjasama tidak hanya dengan lembaga-lembaga selinier dengan sekolah, tapi juga dengan lembaga-lembaga yang kaitannya untuk menghadapi persaingan global. Hal ini merupakan bagian dari upaya SMK Kesehatan Purworejo untuk bersaing di tengah arus globalisasi dan mendunia,” kata Nuryadin.

Dan Bank Raya Indonesia sendiri, menurut Nuryadin, konsep atau program utamanya adalah digital, dari pembuatan rekening, ATM maupun bertransaksi. Nantinya para siswa dan guru akan dibukakan rekening dan ATM, supaya mereka terbiasa dengan transaksi bank secara online atau digital.

Aldrian Glevinno menyambut baik atas kerjasama tersebut, karena erat kaitannya dengan literasi keuangan yang dicanangkan oleh Bank Indonesia dimana para pelajar sebagai targetnya. Sebagai institusi keuangan, pihaknya membekali para pelajar dengan pemahaman keuangan. Dan para pelajar ini masuk kategori pelaku ekonomi yang sangat strategis

“Nantinya para pelajar ini akan kami berikan edukasi tentang pentingnya menabung, bertransaksi secara aman dan pastinya kami sangat berharap para pelajar siap menghadapi persaingan global yang serba digital ini,” kata Aldrian.

Sebagai bank digital, jelas Aldrian, Bank Raya punya produk yang sangat cocok bagi para pelajar, dimana para pelajar dapat bertransaksi dan menabung secara jangka panjang untuk kebutuhan mereka, seperti menabung untuk study tour, kelulusan, maupun kebutuhan lainnya. Mereka dapat memanfaatkan produk digital ini karena bebas biaya admin dan minimal saldo.

“Itu sangat meringankan dan pastinya dapat dimanfaatkan pelajar dengan cukup baik. Kami berharap mereka dapat menghadapi era yang digital dan dapat menabung serta berinvestasi secara aman,” kata Aldrian.

Atas kerjasama tersebut, Abdul Haris Wiradi S.Sos., selaku Waka Kesiswaan sangat mengapresiasinya. Karena semua dilakukan secara online/digital, tentunya mendukung kemampuan anak dalam berteknologi dan memudahkan anak-anak ketika mereka nanti mendalami atau terjun langsung ke dunia industri.

“Saat ini kita sudah berada di era industri 4.0, dan dengan kerjasama ini anak-anak diharapkan mengerti dalam bertransaksi secara online. Ini akan mempermudah ketika mereka melakukan bisnis mereka di kemudian hari dan sebagai wujud bahwa sekolah tidak hanya mementingkan akademik saja,” kata Haris.

Disampaikan pula oleh Haris, selain penandatanganan MoU, di hari yang sama juga ada kampanye bagi empat calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022/2023, yang pemilihannya akan diadakan pada Sabtu (20/08/2022) besok.

“Kampanye tersebut sebagai wujud kaderisasi kepemimpinan di SMK Kesehatan Purworejo. Mereka. Usai pemilihan, akan dilanjutkan dengan pelantikan dan latihan dasar kepemimpinan,” pungkas Haris. (Jon)