Dewan Ambalan SMK YPT Purworejo Dilantik

    


Kamabigus Toto Wibawa, saat melantik Dewan Ambalan dari Gudep SMK YPT Purworejo, Selasa (17/12) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 19 Dewan Ambalan Saka Wira Kartika dari GUDEP XL06.213 / 214 SMK YPT Purworejo masa bakti 2019/2020, dilantik. Pelantikan dilakukan Senin (16/12), di Goa Seplawan, Kaligesing oleh Kamabigus SMK YPT Purworejo, Toto Wibawa, SPd, MPd.

Dijelaskan oleh Toto, bahwa Satuan Karya Wira Kartika merupakan bagian integral dari gerakan pramuka dan jajaran kwartir Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan keterampilan dan pengalaman pramuka penegak.

Sehingga dapat melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif, yang dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia.

Sebelum menjalani pelantikan, jelas Toto, para anggota Dewan Ambalan, bersama 16 siswa pengurus OSIS dan calon pengurus, serta 12 anggota Dewan Ambalan tahun 2019, mengikuti pelatihan, dengan bimbingan petugas dari Kodim 0708 Purworejo.

“Tujuannya, untuk memberi bekal bagi siswa siswi SMK YPT Purworejo dalam kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia,” ungkap Toto, Selasa (17/12).

Pelatihan ini, kata Toto, meliputi long march, pelatihan Krida Survival (Pertahanan Hidup hutan), pelatihan Krida Navigasi Darat (menjelajahi medan terjal di hutan), pelatihan Krida Mountenarring (Out Bound di Area Goa Seplawan.

“Kegiatan diakhiri dengan pelantikan Dewan Ambalan Gudep SMK YPT Purworejo Masa Bakti tahun 2019/2020,” pungkas Toto. (Jon)