Balawan Kehilangan Ruh Bawakan Lagu Yngwie di BBF Nusa Dua?

    


Penampilan grup band Rivaba di hari pertama Bali Blues Festival ke-5 tahun 2019 yang digelar di Peninsula, Nusa Dua, Sabtu, 13 Juli 2019 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Balawan, salah satu musisi terbaik Bali ikut mengisi Bali Blues Festival ke-5. Gitaris yang terkenal dengan teknik finger touch style ini, dalam performance-nya, mengcover lagu Yngwie Malmsteen.

Seperti diketahui, Yngwie Malmsteen merupakan gitaris beraliran Neo Classical Metal yang sarat dengan petikan gitar yang gahar. Sedangkan Balawan, fasih dengan teknik taping yang tak banyak membutuhkan pickup dan sayatan pada snar gitar.

Checksound yang direkam secara candid pada Sabtu, 13 Juli 2019 dan diunggah di YouTube itu membawakan lagu berjudul ‘Dreaming’. Dalam momen itu, petikan gitar Balawan serasa tak memiliki ruh seperti halnya ia memainkan musiknya sendiri.

Video Checksound yang diunggah itu diberi judul ‘Dibully Tidak Bisa Picking, Balawan Nekad Bawain Lagu Yngwie’. Sound effect yang keluar juga tak beraroma metal.

Sementara, deretan musisi yang mengisi Bali Blues Festival ke-5 tahun 2019 diantaranya, Gugun Blues Shelter feat Emmy Tobing, Endah N Rheza, Nosstress, feat Made Mawut, Balawan & Maxwell Reunion, Bali Blues Brothers, Suradipa & Gus Teja, Glambeer, The Bardogs, Crazy Horse feat Joni Agung, The Ratrocker dan Blues Community.

Di lain sisi, nuansa Pulau Peninsula sebagai latar panggung dipuji oleh Endah yang merupakan musisi dari grup band Endah N Rheza.

Speechless lah, sampai kehabisan kata-kata untuk menggambarkan ini,” ujar Endah bersama sang suami Rheza, Sabtu, 13 Juli 2019.

Event Bali Blues Festival ke-5 di Pulau Peninsula, Nusa Dua, menjadi panggung atraktif bagi sejumlah musisi asal Bali maupun nasional. Banyak kolaborasi musisi disitu. Bahkan, musisi yang dihadirkan menjanjikan suguhan musik blues yang unik dan etnik.

Managing Director Indonesia Tourism Development Center (ITDC) I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, pihaknya mentargetkan jumlah pengunjung semaksimal mungkin. Bersamaan dengan event itu juga digelar Nusa Dua Light Festival (NDLF) atau festival ribuan lampion di pulau Peninsula.

“BBF ini menjadi salah satu event yang menjadi daya tarik di Bali. Event ini dikembangkan untuk jangka panjang,” kata Ardita. (Way)