Angkatan Laut RI Gagalkan Penyelundupan 32 Ribu Ton Baja Batangan

    


Tim gabungan berhasil menguasai MV Fon Tai, kapal barang berbendera Hongkong yang memuat 32.983 ton baja batahgan di perairan Bintan - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Gugus Keamanan Laut (Guskamla) TNI AL berhasil menggagalkan upaya penyelundupan prime steel billets di perairan Pulau Bintan pada Rabu (3/3/2020).

Baja batangan seberat 32.983 ton itu diangkut oleh kapal berbendera Hongkong bernama lambung MV Fon Tai. Komandan Guskamla Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan menjelaskan, kapal Fon Tai sempat menghilang dari radar sejak bulan Januari 2020.

“Mereka mematikan telah menghilang dari pantauan karena mematikan alat pelacakan. Semula, kapal itu berlayar dari Dubai menuju Merak, Banten. Tapi mengalihkan route pelayaran tanpa diketahui,” kata Yayan, Rabu, 11 Maret 2020.

Upaya pencarian juga dilakukan Polairud dan Bakamla Bareskrim Polri. MV. Fon Tai kemudian ditemukan telah berada di perairan sebelah timur pulau Bintan.

“Tapi tidak langsung dapat on board untuk melakukan pemeriksaan, nahoda dan ABK tidak menunjukkan sikap koperatif,” jelas Yayan.

“Tim gabungan yang terdiri dari KRI Halasan-630, akhirnya berhasil menguasai kapal tersebut,” tambahnya. (Bob)