Anak-anak TK ‘Geruduk’ Markas Damkar Purworejo

    


Petugas dari Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, tampak memberikan pelatihan cara memadamkan api menggunakan karung goni basah, dihadapan siswa, orangtua, dan guru dari TK Wolo Jurutengah, Nambangan, Grabag, Senin (16/12) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Markas pemadam kebakaran Kabupaten Purworejo, Senin (16/12) pagi mendadak ramai. Puluhan anak-anak dari TK Wolo Jurutengah, Nambangan, Grabag, ‘menggeruduk’ kantor yang terletak di jalan Kyai Brengkel ini.

Kedatangan anak-anak TK yang didampingi para orangtuanya ini, dalam rangka kegiatan luar sekolah. Mereka, disambut ramah petugas Damkar berseragam biru-biru. Dengan sigap, para petugas memperkenalkan berbagai alat yang biasa dipergunakan petugas pemadam kebakaran.

Dengan penuh semangat pula, anak-anak tampak serius mendengarkan penjelasan para petugas. Anak-anak makin bersemangat, saat petugas mempersilahkan mereka untuk naik ke mobil pemadam kebakaran. Momen inipun tak disia-siakan. Tampak anak-anak saling berebut untuk menaikinya.

Di akhir sesi kunjungannya, anak-anak TK yang didampingi tiga guru pendamping ini, mendapatkan pelatihan, bagaimana cara memadamkan api menggunakan kain/karung goni basah jika terjadi kebakaran, dan memadamkan api menggunakan selang mobil pemadam kebakaran.

Menurut Maryatun, Kepala TK Wolo Jurutengah, Nambangan, kunjungan anak-anak TK asuhannya tersebut, dalam rangka kegiatan luar sekolah akhir semester.

“Dengan kegiatan ini, anak-anak akan mengenal secara langsung, bagaimana sih cara kerja pemadam kebakaran yang sebenarnya, alat-alat yang digunakan apa saja. Karena selama ini mereka hanya melihatnya di televisi,” ujar Maryatun.

Maryatun berharap, dengan kegiatan luar sekolah ini, akan memberikan manfaat bagi anak didiknya. Bagi TK lainnya, Maryatun juga berharap untuk bisa mengunjungi kantor Damkar ini. Karena ternyata, disini ada kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak.

“Setiap tahun sekali, TK kami mengadakan kegiatan luar sekolah akhir semester. Dan di tahun keempat ini, kami mengunjungi kantor pemadam kebakaran Purworejo,” jelas Maryatun.

Terpisah, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo mengatakan, bahwa kantor Damkar seringkali dikunjungi anak-anak TK dan PAUD, sebagai tujuan kegiatan luar sekolah mereka. Dan pihaknya, sangat terbuka dan menyambut baik dalam hal ini.

“Hal itu merupakan salah satu bentuk sosialisasi kita kepada masyarakat. Juga untuk memperkenalkan sejak dini tentang pemadam kebakaran,” terang Budi Wibowo. (Jon)