2 Siswa SMK Dwijendra Raih Juara I dan III di Olimpiade Akuntansi dan Pajak UNHI

    


Siswi SMK Dwijendra Denpasar, Ni Komang Ratna Sugiantari (kanan) dan Ni Wayan Asri Yuni Swari (kiri) meraih juara I dan III dalam Kejuaraan Olimpiade Akuntansi dan Pajak Ke-9 yang diadakan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dua siswa SMK Dwijendra Denpasar kembali meraih prestasi membanggakan. Siswa kelas XII jurusan Akuntansi itu berhasil mengantongi juara 1 dan juara 3 dalam Olimpiade Akuntansi dan Pajak Ke-9 yang diadakan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia.

Keduanya yakni, Ni Komang Ratna Sugiantari yang berhasil meraih juara pertama dan Ni Wayan Asri Yuni Swari meraih juara ketiga. Di posisi runnerup terselip siswa SMKN 2 Denpasar Ni Kadek Sinta Dewi.

“Semuanya berat saingannya, tapi saya berusaha memberikan yang terbaik untuk sekolah,” jelas Ni Komang Ratna Sugiantari, Senin, 25 Februari 2019.

Perolehan prestasi itu bukan suatu keberuntungan yang diraih begitu saja. Sebelumnya, dua siswa itu memiliki track record membanggakan dalam ajang perlombaan serupa. Sebelumnya, mereka juga meraih juara pertama di event yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana.

“Persiapannya di sekolah saja dengan membedah soal-soal yang diberikan sebagai kisi-kisi. Selebihnya berusaha sebaik mungkin di hari-H perlombaan,” ujar Ni Wayan Asri Yuni Swari meraih juara ketiga.

Ida Ayu Estri, Kepala Program dan Pembina siswa dalam lomba itu menambahkan, jurusan Akuntansi yang dimiliki SMK Dwijendra Denpasar menjadi brand untuk mengangkat nama sekolah di tingkat eksternal. Pihak sekolah melakukan seleksi untuk menjaring kemampuan siswa di bidang akuntansi.

Menurut Estri, ada jam tambahan di sekolah yang khusus membahas soal-soal sebagai kisi-kisi yang akan dilombakan. Dalam kegiatan itu, siswa dipandu untuk memperdalam soal yang diberikan.

“Seperti kemarin kami membantu siswa dengan membedah soal-soal. Persiapan yang kami lakukan hanya 3 hari,” ujar Estri demikian.

Lomba itu dibagi dalam beberapa tahapan seleksi diantaranya, mencari 10 besar dan yang berhasil lolos akan bertanding. Dalam seleksi itu, Ni Komang Ratna Sugiantari dan Ni Wayan Asri Yuni Swari akhirnya berhasil menguasai posisi 3 besar.

Sementara, kepala SMK Dwijendra Denpasar Ida Bagus Oka Dwi Putra, S.Si., M.Kom. menyatakan, dalam laga kompetisi pihaknya selalu mentargetkan juara umum.

“Selama ini banyak perombaan yang kami ikuti, terutama di bidang akuntansi. Lomba kali ini juga undangan dari UNHI karena prestasi siswa kami sebelumnya,” jelas Oka Dwi Putra.

“Jadi saya selaku kepala sekolah, dan apapun yang didapat dari kejuaraan itu, menjadi motivasi untuk siswa agar selalu berkarya untuk sekolah. Itu intinya, saling mendukung setiap kegiatan untuk meningkatkan diri,” tambah Oka Dwi Putra.

Dalam kejuaraan itu, peraih juara pertama mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta dan juara ketiga mengantongi uang Rp 1 juta. Oka Dwi Putra menambahkan, uang tersebut sepenuhnya milik siswa. (Way)