144 Siswa Baru SMK TI Kartika Cendekia Purworejo Ikuti Pelista

    


Kepala SMK TI Kartika Cendekia Purworejo, Agus Setya Ardiyanto, A.Md, saat membuka Pelista (Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK TI Kartika Cendekia) yang diikuti 144 siswa baru kelas X - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 144 siswa baru SMK TI Kartika Cendekia Purworejo, mengikuti kegiatan Pelista (Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK TI Kartika Cendekia), yang berlangsung selama 6 hari dari Senin (11/07/2022) hingga Sabtu (16/07/2022).

Dibuka oleh Kepala SMK TI Kartika Cendekia Purworejo, Agus Setya Ardiyanto, A.Md, para peserta Pelista merupakan siswa kelas X dari dua konsentrasi keahlian, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), dengan jumlah 72 siswa per konsentrasi keahlian.

“Dalam Pelista kita bekerjasama dengan beberapa pihak. Selama seminggu peserta kita berikan materi-materi yang disampaikan oleh ahlinya,” jelas Agus, Senin (11/07/2022).

Disampaikan pula, materi pada hari pertama, Senin (11/07/2022), tentang pengenalan sekolah, yang berisi penyampaian visi misi sekolah dan kurikulum di sekolah. Hari kedua, Selasa (12/07/2022), materi tentang Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0708 Purworejo.

Hari ketiga, Rabu (13/07/2022) materi tentang kenakalan remaja dan anti perundungan dari Polres Purworejo. Kamis (14/07/2022), haria keempat, materinya tentang kesehatan remaja dari Puspaga dibawah naungan Dinsos PPKBP3A. Materi hari kelima, Jum’at (15/07/2022), materi tentang penguatan iman dan taqwa dan Profil Pelajar Pancasila dari UMPurworejo.

“Hari terakhir, Sabtu (16/07/2022), diisi dengan outbound, bekerjasama dengan Koramil Purworejo, Kodim 0708 Purworejo dan Batalyon 412,” ungkap Agus.

Penekanan dalam Pelista ini, menurut Agus, disinkronkan dengan materi MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dari Dinas Pendidikan Propinsi Jateng dan dikolaborasikan dengan profil pelajar Pancasila, dengan tema ‘Bangkit Berlari Menggapai Prestasi dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila’.

“Karena kemarin di masa pandemi, kita konteksnya agak stagnan, tenang, gak bisa apa-apa dan terbatas. Alhamdulillah di tahun 2022 ini, kita bisa berkegiatan. Karena itu kita harus bangkit,” terang Agus.

Dan Berlari, memiliki makna, karena selama pandemi mengalami ketertinggalan, baik dari akademik, non akademik, akhlak, karakter dan lainnya, maka harus berlari untuk menggapai prestasi baik akademik maupun non akademik. Dan itu sebagai perwujudan Profil Pelajar Pancasila.

Dan di SMK TI Kartika Cendekia sebagai SMK PK, ada profil pelajar Pancasila yang merupakan tujuan dari Kemendikbud Ristek yang dituangkan di elemen untuk Merdeka Belajar.

Harapannya, kata Agus, setelah mengikuti Pelista, akan lebih mengenal lingkungan sekolahnya, baik itu bagian-bagian yang ada di sekolah, teman-temannya, kakak kelasnya, maupun bapak ibu guru dan karyawan.

“Dan tak kalah pentingnya, penguatan passion kompetensi atau konsentrasi keahlian masing-masing siswa baik DKV ataupun TJKT,” pungkas Agus. (Jon)