Tiga Proposal Menangkan Program SheHacks 2021

    


Tahapan Mentoring SheHacks 2021: Lebih dari 1.000 perempuan mengikuti penajaman solusi dan persiapan penjurian terakhir - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Tiga proposal keluar sebagai pemenang SheHacks 2021. Program besutan Indosat Ooredoo itu merupakan inovasi pemberdayaan perempuan Indonesia melalui teknologi. Tujuannya, mengurangi kesenjangan gender di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan perempuan.

Ketiga pemenang yakni, Tim Wegrow dengan proposal ‘Wegrow (Green Living Platform)’, Triasih dengan proposal ‘Ruang Tengah’ dan Troopers dengan proposal ‘Wifood, Save It Don’t Waste It’. Pemenang berhak atas hadiah dengan nilai total Rp 100 juta.

Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, SheHacks 2021 berkontribusi mengurangi kesenjangan gender hampir di semua lini kehidupan. 

“Kami berharap peserta dan pemenang dapat mengambil manfaat dari program ini dan karya-karyanya dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan di Indonesia,” kata Vikram Sinha, Rabu, 1 September 2021.

SheHacks tahun ini berhasil memberdayakan 1.453 wanita Indonesia berusia 15-40 tahun. Panitia menerima 477 proposal dan solusi permasalahannya.

Pencapaian ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya dengan total 95 peserta dan 30 proposal yang dikumpulkan.

“Jangkauan SheHacks 2021 juga lebih luas dari tahun 2020 karena 23% dari total peserta tahun ini berasal dari luar Pulau Jawa,” kata Vikram.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan, mendukung upaya Indosat Ooredoo untuk isu gender di Indonesia.

Hal itu menjadi bagian solusi dalam mengurangi jurang kesenjangan gender dari sisi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Bintang mengatakan, pemberdayaan perempuan merupakan isu yang kompleks dan multisektoral.

“Semoga para peserta terpilih yang berhak mengikuti buddy program benar-benar mempertanggungjawabkan program yang telah dibuat, sehingga memberikan dampak nyata terhadap pemberdayaan perempuan di Indonesia,” kata Bintang Puspayoga.

Sementara, Direktur Tata Kelola Digital Ekonomi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Selliane Halia Ishak berharap, program SheHacks memotivasi pihak lain agar bersama-sama meningkatkan peran perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

“Kami percaya, masa depan adalah dunia yang menjanjikan untuk peran perempuan di bidang teknologi,” Selliane Halia Ishak.

Lima peserta dengan proposal terbaik juga berkesempatan melakukan presentasi kepada mitra global potensial. Mereka juga mendapatkan peluang pengembangan bahkan pendanaan dari karya inovatif mereka. (Way)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas