Teten Masduki: Metaverse Tingkatkan Omzet UMKM

oleh
Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat berada di side event KTT G20 Digital Transformation Expo (DTE) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan, UMKM memerlukan transformasi digital agar mampu mengakses pasar yang lebih luas.

Menurutnya, saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 21 juta. Menurut Teten, perbaikan infrastruktur digital di Indonesia, memberikan kesempatan kepada UMKM merambah kepada transformasi digital.

“Teknologi metaverse dapat meningkatkan omzet UMKM tanah air. Calon konsumen nantinya mendapatkan pengalaman baru belanja dengan pola yang berbeda dari sebelumnya. Dari situ, penjualan akan meningkat,” kata Teten Masduki di BNDCC Nusa Dua, Bali, Minggu, 13 November 2022.

Teten mengungkapkan, teknologi digital dibutuhkan oleh usaha kecil menengah tanah air. Mereka membutuhkan akses pasar yang lebih luas untuk menjual produknya.

“Teknologi memberikan peluang mengakses market yang lebih luas, mengakses pembiayaan, bahan baku dan pengembangan kewirausahaan,” ujarnya.

Sementara, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan, pola belanja yang digunakan dalam metaverse merupakan teknologi terapan. Ditambahkan, teknologi masa depan ini akan digunakan untuk memasarkan produk.

“Misalnya mau beli baju, dengan menggunakan augmented reality, maka kita bisa langsung coba bajunya, bisa direkam, bisa langsung diupload di instagram dan bisa langsung dibayar, dengan sistem pembayarannya,” jelas Johnny Plate.

Sistem transaksi pembayaran elektronik di Indonesia, dikatakan Johnny, saat ini tengah dikembangkan oleh Bank Indonesia melalui QRIS.

“Jadi akan memudahkan sektor hilir digital Indonesia,” ujarnya. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News