Stok Vitamin A di Bali Aman untuk Asupan 350 Ribu Anak

    


Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menghadiri Bulan Vitamin A di Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Selasa, 25 Februari 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Bulan Vitamin A ditetapkan setiap bulan Februari dan Agustus. Di Bali pemberian vitamin A dilakukan serentak di seluruh Kabupaten/Kota, Selasa, 25 Februari 2020 dengan mengadakan gebyar terintegrasi.

Di Dinas Kesehatan Provinsi Bali, stok vitamin A untuk bulan Februari dan Agustus 2020 masih aman. Kadis Kesehatan Bali Ketut Suarjaya mengatakan, pihaknya masih menyimpan 350.000 vitamin A yang dipersiapkan untuk batita-balita berusia 1-5 tahun seluruh Bali.

“Jenis vitamin A ada 2 yakni kapsul biru yang mengandung 100.000 intel unit untuk bayi umur 6-11 bulan, dan kapsul merah yang mengandung 200.000 intel unit untuk balita 12-59 bulan,” jelas Suarjaya, Selasa, 25 Februari 2020.

Sementara, di bulan vitamin A pertama tahun 2020 ini, TP PKK Provinsi Bali bergerak bersama Dinas Kesehatan. Ketua TP PKK Bali Putri Suastini Koster mengatakan, Gebyar terintegrasi ini untuk mewujudkan generasi unggul.

Istri orang nomer satu di Bali ini menyasar desa Galungan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Disitu masih terdapat 3 balita dengan kondisi stunting.

Namun, jumlah itu tercatat menurun, jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 14 anak. Di bulan vitamin A ini, petugas kesehatan proaktif memberikan asupan vitamin kepada anak-anak.

“Kalau ada orangtua dan anaknya tidak datang ke Posyandu, petugas akan menjemput untuk diberikan vitamin A dan obat cacing,” kata Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster di Buleleng.

“Pemenuhan gizi untuk menciptakan generasi sehat jadi salah satu prioritas program TP PKK yang harus di wujudkan, terutama pengentasan gizi buruk (stunting),” tambahnya demikian.

Pemberian vitamin A ditambah dengan obat cacing ini, dilakukan serentak di seluruh Bali. (*)