Siswa SDN Blendung, Purwodadi, Purworejo Raih Emas di FLS2N Tingkat Nasional

    


Dyah Kurnia Julianingrum (tengah), diapit Pawestri Rahayu, S.Pd, SD, Kepala SDN Blendung, dan ibunya, Retno Sari Suciati - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Meski dari desa, namun prestasi Dyah Kurnia Julianingrum ini patut diacungi jempol. Dyah, yang merupakan siswa kelas VI SDN Blendung, Purwodadi, Purworejo, Jateng ini, berhasil menyabet juara 1 pada FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat nasional tahun 2002 untuk jenjang SD.

Dyah memperoleh medali emas pada cabang lomba menyanyi tunggal. Dia membawakan lagu wajib ‘Persahabatan’ dan lagu daerah ‘Kupu Kuwi’.

Kemenangan Dyah ini diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek pada Jum’at sore (16/09/2022) dalam acara penutupan kegiatan FLS2N dan penganugerahan medali secara zoom.

“Ini sebuah prestasi yang luar biasa. Kami tidak menyangka, karena pesaingnya dari berbagai daerah se Indonesia,” ujar Pawestri Rahayu, S.Pd, SD, Kepala SDN Blendung, Senin (19/09/2022).

Dengan prestasi tersebut, menurut Yayuk, panggilan akrab Pawestri Rahayu, tidak hanya membawa nama baik sekolah dan daerah, tapi juga propinsi Jawa Tengah di tingkat nasional.

Bagi anak, kata Yayuk, tentunya bahwa kemampuannya sangat luar biasa. Dan itu bisa membawa dampak positif bagi teman-temannya, bahwa semua pasti bisa dengan usaha yang sungguh-sungguh dan tidak kenal putus asa.

“Bagi sekolah, tentunya juga sebuah kebanggaan tersendiri karena ada salah satu siswanya yang berprestasi. Semoga ini bisa menarik anak-anak usia SD di sekitar sekolah untuk mau mengenyam pendidikan di SD Blendung ini,” ujar Yayuk.

Menurutnya pula, persiapan yang dilakukan Dyah sangat banyak selama mengikuti FLS2N. Selain rutin latihan di sekolah, seminggu dua kali Dyah juga latihan di sanggar musik pimpinan Dwi Suryanto.

“Di sekolah belum ada bimbingan yang meruncing ke prestasi. Jadi kami hanya membimbing secara umum. Di luar jam sekolah, Dyah latihan di sanggar,” terang Yayuk.

Dyah sendiri merupakan anak nomer tiga pasangan Retno Sari Suciati-Nuryanto, warga Desa Guyangan, Purwodadi, Purworejo. Ibunda Dyah, juga mengajar di SDN Blendung.

“Bakatnya mulai terlihat sejak kelas 2 SD. Dyah sering ikut lomba-lomba nyanyi tunggal, baik itu yang diadakan oleh dinas ataupun di luar dinas. Dia juga sering ikut FLS2N. Namun baru kali ini bisa menyabet juara nasional,” ujar Retno, ibunda Dyah.

Retno juga merasa sangat bangga dengan prestasi ankakya itu. Dia juga tak menyangka Dyah bakal menjadi juara 1 FLS2N tingkat nasional pada bidang menyanyi tunggal.

“Semoga dia bisa berprestasi lebih baik lagi di jenjang selanjutnya,” ujar Retno.

Dyah juga mengaku tak menyangka bakal meraih juara 1 tingkat nasional. Bocah yang bercita-cita menjadi dokter ini, sempat mengalami kendala pada take vokal saat pengambilan video untuk FLS2N tingkat nasional.

“Alhamdulillah semua bisa teratasi. Semoga bisa berprestasi lebih baik lagi,” pungkas Dyah, yang memiliki hobi nyanyi sejak kecil.ini. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS