Satlantas Polres Purworejo Berikan Layanan SIM Khusus Bagi yang Lahir 1 Juli

    


Kanitregident Satlantas Polres Purworejo, Ipda Muslim Hidayat, didampingi Baur SIM Aiptu Tukul Puji Puriyono, saat meninjau ruang pelayanan foto SIM, Senin (22/6/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memperingati Hari Bhayangkara ke 74, Satlantas Polres Purworejo memberikan penghargaan, khusus bagi pemohon SIM baru, yang lahir di tanggal 1 Juli. Layanan ini, khusus untuk SIM C dan SIM A.

Persyaratannya, memiliki E KTP Kabupaten Purworejo, sehat jasmani (yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang ditunjuk), sehat rohani ( yang dibuktikan dengan keterangan dari psikolog yang ditunjuk), serta lulus ujian teori dan praktek.

“Perlu kami tegaskan, bahwa ini bukan SIM gratis yang diberikan cuma-cuma. Tapi SIM khusus, karena diberikan pada pemohon yang lahir 1 Juli. Pemohon tetap menjalani prosedur test yang telah ditentukan, baik itu test kesehatan, psikologi, teori dan praktek,” jelas Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Dani Kurniawan, melalui Kanitregident, Ipda Muslim Hidayat, Senin (22/6/2020).

Pemohon, jelas Muslim, tetap membayar tes kesehatan dan psikologi. Karena dalam pelaksanaannya, Polri melibatkan profesi di luar Polri (dokter dan psikolog). Untuk test kesehatan, biayanya Rp 35 ribu, dan test psikologi Rp 50 ribu.

Bagi pemohon yang memenuhi syarat, ungkap Muslim, untuk PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajak), ditanggung/dibayar oleh sponsor. Pendaftaran bagi SIM khusus ini, dibuka mulai 22 Juni 2020 hingga 25 Juni 2020. Dan pelaksanaanya, Senin (29/6/2020) hingga Selasa (30/6/2020).

“Jadi, buruan daftar, karena kuota terbatas,” ujar Muslim.

Menurut Muslim, adanya kebijakan layanan SIM khusus ini, berdasarkan surat telegram dari Kapolri bernomor: ST/1671/VI/Yan.1.1/2020 tanggal 12 Juni 2020 dan surat telegram Kapolda Jateng bernomor: ST/1627/VI/Yang.1.1/2020 tanggal 17 Juni 2020.

Muslim berharap, mudah-mudahan, dengan kegiatan ini akan semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat, dan masyarakat makin mencintai polisi, apalagi di saat pandemi Covid-19 saat ini, dimana masyarakat banyak yang kehilangan mata pencahariannya.

“Mudah-mudahan, bisa sedikit membantu,” pungkas Muslim, yang didampingi Baur SIM, Aiptu Tukul Puji Puriyono. (Jon)