Raih Suara Terbanyak, Fazrina Terpilih Jadi Ketua dalam Pilketos SMPN 14 Purworejo

    


KORANJURI.COM – Berhasil meraih suara terbanyak dalam Pilketos (Pemilihan Ketua OSIS) SMPN 14 Purworejo, Fazrina Isma Pratiwi dari kelas 8B akhirnya terpilih menjadi Ketua OSIS periode 2022/2023.

Dalam pemilihan yang berlangsung Kamis (22/09/2022) itu, Fazrina berhasil mengungguli perolehan suara dua kandidat lainnya, Fenza Azzahra dari kelas 7C dan Dede Okti Sesabela dari kelas 8F.

Dijelaskan oleh Kepala SMPN 14 Purworejo, Dwi Retno Untari, S.Pd., dari jumlah total suara yang masuk sejumlah 582, Fazrina memperoleh 320 suara,
Fenza Azzahra 49 suara, dan Dede Okti Sesabela 179 suara.

“Jumlah pemilih 615 orang. Yang tidak menggunakan hak pilih 33 orang. Dari jumlah suara yang masuk, 34 suara dinyatakan tidak sah,” jelas Retno.

Menurut Retno, Pemilihan Ketua OSIS adalah sebuah miniatur yang dilakukan siswa untuk menciptakan demokrasi di lingkungan sekolah. Hal itu sangat bagus sekali dilakukan, karena pelajar akan belajar untuk yang akan datang jika ada pemilihan yang sesungguhnya.

Dalam kegiatan Pemilihan Ketua OSIS tersebut, kata Retno, didesain sedemikian rupa layaknya pemilihan umum yang sesungguhnya.
Berbagai tahapan dilakukan sebelum proses pemilihan.

Tahapannya, ungkap Retno, diawali dengan sosialisasi pemilihan ketua OSIS, seleksi calon ketua OSIS, kampanye dan penyampaian visi misi,
debat calon ketua OSIS, pembentukan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan diakhiri dengan pencoblosan.

“Pencoblosan diikuti oleh kepala sekolah, bapak ibu guru / karyawan dan seluruh siswa SMP Negeri 14 Purworejo,” pungkas Retno sambil menambahkan, bahwa Pilketos tersebut merupakan kegiatan projek Suara Demokrasi dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. (Jon)