Pesantren Kilat SMK Batik Purworejo, Tingkatkan Karakter Religius Siswa

oleh
Untuk meningkatkan karakter religius siswa, SMK Batik Purworejo mengadakan kegiatan Pesantren Kilat, Rabu (20/04/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk meningkatkan karakter religius siswa, SMK Batik Purworejo mengadakan kegiatan Pesantren Kilat dan zakat fitrah, yang diikuti oleh siswa kelas X. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari Senin (18/04/2022) hingga Rabu (20/04/2022).

Kegiatan dilanjutkan pada Jum’at (22/04/2022) sore dengan pembagian takjil untuk masyarakat dan pengajian. Pada Sabtu (23/04/2022), diteruskan dengan distribusi zakat untuk siswa yang membutuhkan/berhak dan musholla-mushola sekitar.

“Pesantren Kilat ini hanya diikuti siswa kelas X, karena siswa kelas XI sedang prakerin dan siswa kelas XII sudah selesai karena baru saja ujian sekolah,” jelas Kepala SMK Batik Purworejo, melalui Waka Kesiswaan Akhmad Mujahidin Tsani, SPd, Rabu (20/04/2022).

Menurut Tsani, sebagai pengisi Pesantren Kilat, tiga guru PAI, Faturohman, SPd.I, Ari Jatmiko, MAg dan Dra Siti Endah Mahiroh. Materi yang disampaikan, tentang Al Qur’an, fiqih, tarikh dan sejarah Islam.

Untuk zakat fitrah sendiri, kata Tsani, diharapkan semua kelas bisa mengikuti, supaya lebih banyak yang didistribusikan.

“Dari 4 ruang selama pesantren kilat, Alhamdulillah semua khatam Al Quran,” ungkap Tsani.

Harapannya, kata Tsani, dengan kegiatan pesantren kilat dan zakat fitrah ini, bisa meningkatkan karakter religius para siswa, untuk kedepan bisa lebih memahami tentang bagaimana syariat-syariat Islam, untuk menjadikan kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik.

“Di sekolah juga ada program ekstrakurikuler agama Islam, bekerjasama dengan Ponpes Maunah. Hal ini selaras dengan apa yang digalakkan pemerintah yaitu penguatan pendidikan karakter, terutama di pendidikan karakter religius,” pungkas Tsani. (Jon)

KORANJURI.com di Google News