MPLS SMK Batik Purworejo, Berlangsung Virtual, Diikuti Ratusan Siswa Baru

    


Kepala SMK Batik Purworejo, Yati Dwi Puspita Adi, S.Pd, saat membuka MPLS bagi siswa baru secara virtual, Senin (12/07/2021), didampingi Waka Kesiswaan Akhmad Mujahidin Tsani, S.Pd. - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekitar 200 siswa baru dari kelas X SMK Batik Purworejo, mengikuti MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama 3 hari, dari Senin (12/07/2021) hingga Rabu (14/07/2021).

Kegiatan MPLS dibuka oleh Kepala SMK Batik Purworejo, Yati Dwi Puspita Adi, S.Pd, Senin (12/07/2021) secara virtual.

“Karena masih pandemi dan dalam masa PPKM, MPLS kali ini dilaksanakan secara virtual, dari jam 7.30 WIB hingga jam 10.00 WIB. Siswa mengikuti di rumah masing-masing dengan memakai baju OSIS SMP,” jelas Pipit, panggilan akrab Yati Dwi Puspita Adi.

Menurut Pipit, kegiatan MPLS merupakan agenda rutin tahunan, dan diperuntukkan bagi siswa baru kelas X, mengawali kegiatan tahun pelajaran baru. Kegiatan ini diikuti siswa dari kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, serta Bisnis Daring dan Pemasaran.

Selama MPLS, siswa diberi gambaran tentang sekolah serta fasilitas yang ada. Materi yang diberikan meliputi Wawasan Wiyata Mandala, kurikulum, sosialisasi visi misi sekolah, serta sarana prasarana yang ada.

“Dalam MPLS Virtual ini, kita memakai aplikasi Google Meet dan Google Classroom supaya siswa dan guru bisa berinteraksi Namun sebenarnya, siswa sudah mengetahui situasi sekolah saat daftar ulang,” ujar Pipit, didampingi Waka Kesiswaan Akhmad Mujahidin Tsani, SPd.

Diakui oleh Pipit, karena dilakukan secara virtual, maka ada beberapa kendala yang terjadi, seperti masalah sinyal, kuota, ataupun apliaksi yang belum bisa diinstal karena memori penuh. Sebagai solusinya, materi dan tugas disampaikan lewat WA group.

“Harapannya anak-anak bisa mengikuti kegiatan MPLS dengan rasa tanggungjawab dan disiplin, melakukan apa yang ditugaskan guru pemateri dan melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkas Pipit. (Jon)