ITB STIKOM Bali Siapkan SDM IT Handal Sambut Era Normal Baru 4.0

    


Penyerahan SK Program Studi S1 Bisnis Digital dilakukan Kepala LLDikti Wilayah 8 Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, SE., M.Si mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem A Makarim, kepada Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, disaksikan oleh Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Bandem, MA dan Drs. IB Dharmadiaksa, M.Si., Ak dan pejabat struktural di lingkungan ITB STIKOM Bali, Senin, 24 Februari 2020 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – ITB STIKOM Bali mematangkan lembaganya sebagai kampus yang memiliki kualifikasi teknologi informasi. Kompetensi sarjana yang dihasilkan menjadi output yang diserap oleh berbagai perusahaan skala regional maupun nasional.

Di Bali sendiri, permintaan tamatan TI sangat tinggi, dan ITB STIKOM Bali siap dengan sumber daya untuk mengisi kebutuhan dunia kerja.

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan mengatakan, dunia telah berubah. Aktifitas konservatif mulai ditinggalkan dan digantikan dengan teknologi. Penguasaan terhadap perangkat kerja yang serba digital mutlak dibutuhkan.

“Kami disini menyiapkan generasi muda, menyiapkan anak-anak kita memasuki jenjang pendidikan yang sesuai dengan situasi sekarang dan ke depannya,” kata Dadang, Minggu, 13 Juni 2021.

Dadang menjelaskan, permintaan sarjana TI di masa pandemi covid-19 sangat tinggi. Mengingat, semua aktivitas perusahaan dan lembaga pendidikan dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Sedangkan, Prodi Teknologi Informasi (TI) yang disiapkan di kampus ITB STIKOM Bali menurutnya, telah terbukti memiliki keahian di bidang komputer yang berkualifikasi seperti, kemampuan merancang, membangun, dan mengoperasikan sistem.

Selain itu, keahlian tamatan kampus TI terbesar di Bali Nusra itu, berfokus langsung terhadap implementasi serta infrastrukur sistem pendukung perusahaan dan bisnis.

Selain itu, untuk memenuhi keinginan masyarakat Bali, mengingat banyak mahasiswa Bali kuliah di luar negeri, maka sejak tahun 2007 ITB STIKOM membuka Program Internasional Dua Gelar bekerja sama dengan Help University Kuala Lumpur, Malaysia.

“Mahasiswa kami akan mendapat dua gelar yakni, gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dari ITB STIKOM Bali dan gelar Bachelor of Information Technology (BIT) dari Help University. Saat ini sekitar 150 mahasiswa sedang kuliah Program Internasional,” jelasnya.

Tahun 2020, ITB STIKOM Bali mulai membuka Program Studi (Prodi) Bisnis Digital dan Prodi Teknologi Informasi untuk melengkapi Prodi Sistem Komputer, Prodi Sistem Informasi, dan Prodi Manajemen Informatika.

Prodi Bisnis Digital itu memiliki lima konsentrasi yakni, Bisnis Perhotelan, Bisnis Kuliner, Bisnis Akuntansi Perpajakan, Digital Marketing, dan Digital Bisnis Seni Pertunjukkan.

“Prodi Bisnis Digital ini menghasilkan lulusan yang menguasai teknologi informasi dengan dunia bisnis sehingga mampu bersaing di era digitalisasi saat ini maupun ke depannya,” kata Dadang.

Sementara, pengembangan lembaga Pendidikan itu juga menjadi fokus Yayasan Widya Dharma Shanti (WDS) Denpasar. Yayasan yang menaungi unit usaha ITB STIKOM Bali itu, menjajagi kersama dengan Binus University Jakarta. Penjajagan itu menghasilkan Program Nasional Dua Gelar yakni, gelar S.Kom dari ITB STIkOM Bali dan Sarjana Manajemen (SM) dari Binus University Jakarta.

“Jadi bagi calon mahasiswa asal Bali, kalau ingin kuliah di Binus Jakarta, tidak perlu lagi ke Jakarta, cukup di ITB STIKOM Bali saja, lebih hemat dan punya dua gelar pula, apalagi menguasai TI yang sekarang menjadi primadona,” kata Dadang.

Saat ini, jumlah mahasiswa ITB STIKOM Bali mencapai 6.500 orang yang tersebar di 5 Prodi. Kelima program studi itu masing-masing, prodi Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Bisnis Digital, dan Manajemen Informatika. Kemudian, National Dual Degree yang bekerjasama dengan Binus University Jakarta (gelar Sarjana Komputer dari STIKOM Bali dan Sarjana Manajemen dari Binus Jakarta).

Selain itu, ITB STIKOM Bali memberikan peluang mencapai strata International Dual Degree bekerjasama dengan Help University Malaysia (Sarjana Komputer dari STIKOM Bali dan Bachelor of Information Technology dari Help University).

Sementara, ITB STIKOM Bali saat ini memiliki tiga kampus, yakni Kampus Renon (Denpasar), Kampus Jimbaran dan Kampus Abiansemal di Kabupaten Badung. (Way)