Hermawan Diangkat Kembali Menjadi Direktur PDAM Purworejo

    


Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Purworejo, Drs Bambang Susilo, saat menyerahkan SK Bupati pada Hermawan Wahyu Utomo, Senin (23/9) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Hermawan Wahyu Utomo, ST, MSi, diangkat kembali menjadi Direktur Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Perwitasari, untuk masa jabatan 2019-2024.

Pengangkatan ini berdasarkan SK bupati no 160.18/516/2019. Penyerahan SK dilakukan oleh Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Purworejo, Drs Bambang Susilo, Senin (23/9) lalu. Pelantikan Hermawan, direncanakan Jum’at (27/9).

Pengangkatan Hermawan ini, merupakan yang kedua kalinya. Dia dinilai telah membawa banyak kemajuan di PDAM. Karena prestasinya itu, Dewan Pengawas merekomendasikannya ke Bupati.

“Capaiannya dinilai melebihi target, meliputi aspek keuangan, pelayanan, operasional, dan SDM,” jelas Hermawan Wahyu Utomo, Rabu (25/9).

Dalam hal keuangan, ada kenaikan yang signifikan pada pendapatan dan deviden. Dari awal Hermawan memimpin PDAM tahun 2015 lalu, ada peningkatan deviden dari Rp 500 juta menjadi Rp 1,77 milyar saat ini.

Dalam bidang operasional, ada peningkatan jumlah pelanggan, dari 18 ribu orang, kini mencapai 23 ribu, juga kapasitas produksi dari 4 juta meter kubik per tahun, menjadi 6 juta meter kubik per tahun.

Di bidang pelayanan, dari awalnya hanya ada lima IKK (Purworejo, Banyuurip, Kutoarjo, Bener, Loano), kini telah ada penambahan dua IKK lagi, di Bayan dan Bagelen. Di bidang SDM, kini banyak karyawan PDAM yang berpendidikan sarjana.

“Dari tingkat komplain pelanggan, ada penurunan drastis. Jika ada komplain, 1-2 hari langsung tertangani,” ujar Hermawan.

Kedepan, setelah diangkat menahkodai PDAM untuk kedua kalinya, Hermawan siap menyongsong dan ikut berperan dengan adanya empat proyek besar, spam regional Kebumen-Purworejo, Bandara Yogyakarta International Airport, Bendungan Bener, dan Badan Otorita Borobudur. (Jon)