Dari New York, Navicula-Endah N Rhesa Luncurkan Single Segara Gunung

oleh
Grup band Navicula dan Duo Endah N Rhesa - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Duo Endah N Rhesa bersama grup band Navicula asal Bali merilis single anyar berjudul ‘Segara Gunung’. Lagu yang mengeksplorasi keindahan alam Indonesia itu dirilis di New York, Amerika Serikat.

Lagu yang sarat dengan elemen suara-suara alam itu melibatkan musisi dunia diantaranya, David Bowie x Brian Eno, Ellie Goulding, Aurora, UMI x V dari BTS, MØ hingga London Grammar.

‘Segara Gunung’ menjadi upacara bagi masyarakat Hindu di Bali yang menjadi penghormatan kepada alam dari pertemuan antara gunung dan lautan.

Musisi Endah mengungkapkan, lagu tersebut terinspirasi dari mantra-mantra yang dilantunkan masyarakat Bali dalam pemujaan kepada alam.

“Lagu ini mengingatkan pentingnya menjaga
keseimbangan alam,” kata Endah dalam keterangan tertulis yang diterima Koranjuri.com, Kamis, 18 April 2024.

Single Segara Gunung dirilis dalam rangka menyambut Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April.

Peluncurannya di New York, Amerika Serikat difasilitasi oleh The Museum for the United Nations-UN Live. Sejumlah musisi dari berbagai negara di dunia juga turut andil dalam mendukung dalam melindungi alam melalui musik.

Para musisi itu tergabung dalam Sound Right, termasuk grup band Navicula dan duo Endah N Rhesa.

Lagu dan musik mereka diputar di aplikasi layanan musik digital Spotify. Royalti yang ada nantinya akan disumbangkan untuk konservasi alam.

Penggalangan dana ditargetkan meraup US$ 40 juta untuk konservasi alam yang melibatkan lebih dari 600 juta pendengar dalam empat tahun pertama.

Gede Robi dari Navicula menambahkan, Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang tergabung dengan MDE global. Posisi Indonesia berada dalam wadah Indonesian Climate Communications Arts & Music Lab (IKLIM).

“IKLIM memproduksi musik, seni, dan konten
lainnya sebagai edukasi, inspiratif, dan memobilisasi individu serta komunitas untuk
mengambil tindakan dalam menyuarakan krisis iklim,” kata Gede Robi. (Way)

KORANJURI.com di Google News