Cinta Indonesia, Oyagi Shuka Ajukan Permohonan WNI

    


Oyagi Shuka (22) yang berkebangsaan Jepang mengajukan Permohonan Pewarganegaraan Indonesia dalam sidang pewarganegaraan di Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali, Senin, 20 September 2021 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Oyagi Shuka (22) yang berkebangsaan Jepang mengajukan Permohonan Pewarganegaraan Indonesia. Perempuan yang fasih berbahasa Bali itu menjalani sidang di Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Senin, 20 September 2021.

Permohonan Pewarganegaraan dapat ditempuh sesuai aturan UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Dalam pasal 8 menyebutkan kewarganegaraan Republik Indonesia dapat diperoleh melalui pewarganegaraan.

Selain itu pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2007 juga mengatur tentang tata cara memperoleh kehilangan dan pembatalan serta memperoleh kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Oyagi Shuka lahir hingga besar di Denpasar. Saat ini ia berstatus sebagai Mahasiswa.

“Warga Negara Asing tersebut sangat fasih berbahasa Bali, menari Bali dan aktif berorganisasi di organisasi pemuda-pemudi di salah satu banjar di Wilayah Sanur, Denpasar,” jelas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk, Senin (20/9/2021).

Tim verifikasi dalam sidang mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya, terkait wawasan kebangsaan serta alasan mengapa memilih menjadi WNI.

“Saat diminta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang bersangkutan melakukannya dengan sangat baik,” kata Jamaruli.

Selaku pimpinan sidang, Jamaruli memberi penilaian baik terhadap WNA tersebut. Nantinya akan dilakukan verifikasi terkaitt kelengkapan berkas untuk diajukan ke pusat. (Way)