Cerita Silat Pendekar Tongkat Emas Meriahkan Festival Sinema Australia Indonesia

    


Foto: Screenshot

KORANJURI.COM – Untuk pertama kali dalam enam tahun perjalanannya, Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) akan diadakan secara virtual. Festival diselenggarakan pada 18-27 Juni 2021.

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox mengatakan, pelaksanaan yang dilakukan secara virtual memberikan peluang kepada jumlah penonton yang lebih besar.

“Ini memberikan kesempatan kepada penikmat film Indonesia di seluruh nusantara untuk mengakses film bioskop kelas atas Australia dan Indonesia secara gratis,” kata Allaster Cox dalam keterangannya, Jumat, 4 Juni 2021.

Festival Sinema Australia Indonesia dibuka dengan pemutaran perdana film ‘The Furnace’ di Indonesia. Selain itu, pemutaran film dokumenter ‘Jaimen Hudson: From Sky to Sea’. Film ini berkisah tentang perjalanan eksplorasi fotografis pria yang berasal dari Esperance, Australia, Jaimen Hudson, tentang lautan jernih Australia, dan kisah mengatasi berbagai tantangan untuk mengejar mimpinya.

Sedangkan sineas tanah air akan menampilkan film action fantasi ‘Pendekar Tongkat Emas’ atau ‘The Golden Cane Warrior’. Film besutan Ifa Isfansyah itu mengangkat tema persilatan dibintangi oleh Christina Hakim sebagai Cempaka, pendekar termasyur di dunia persilatan.

Film Pendekar Tongkat Emas mengeksplorasi tema-tema seperti pengkhianatan, kesetiaan, dan ambisi.

“Seperti biasa, Festival Sinema Australia Indonesia akan menyoroti kedekatan hubungan Australia dan Indonesia dalam perfilman,” kata Allaster.

Selain pemutaran film, FSAI juga menggelar seminar masterclass virtual. Seminar membahas tentang animasi, promosi film, serta sinematografi dokumenter dan drone.

“Kami sangat senang program penting ini terus berlanjut meskipun ada pandemi. Tahun ini, para penonton bioskop dapat memperoleh berbagai wawasan nyata tentang keterampilan seni pembuatan film di seminar masterclass profesional kami,” kata Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox.

Ada 8 film yang akan memeriahkan Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2021. Deretan film itu yakni, The Furnace karya Roderick MacKay, Combat Wombat besutan sutradara Ricard Cussó, H is for Happiness karya John Sheedy, Jaimen Hudson: From Sky to Sea karya Leighton De Barros, Relic karya Natalie Erika James, Dirt Music disutradarai Gregor Jordan, Pendekar Tongkat Emas’ (The Golden Cane Warrior) karya sutradara Ifa Isfansyah dan Milly & Mamet sutradara Ernest Prakarsa. (Way)