Bupati Purworejo Launching Simpel Mpu Panjalu

    


Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM saat melaunching inovasi Simpel Mpu Panjalu atau Sistem Informasi Pelayanan dan Pengelolaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), Senin (23/5/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM secara resmi melaunching inovasi Simpel Mpu Panjalu atau Sistem Informasi Pelayanan dan Pengelolaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), Senin (23/5/2022).

Bertempat di Ruang Bagelen Setda Purworejo, acara dihadiri Asisten I Setda, Asisten III Setda dan sejumlah pejabat PD, Lurah serta undangan terkait.

Bupati mengatakan, salah satu Program Unggulan Kabupaten Purworejo adalah “Purworejo Terang, Purworejo Padhang, Purworejo Padhang Dalane” sebagaimana termuat pada RPJMD Tahun 2021 – 2026.

Ini merupakan program Pemerintah Daerah sebagai respon atas meningkatnya ekskalasi lalu lintas kendaraan bermotor angkutan orang dan barang di malam hari.

Selain itu, seiring meningkatnya kapasitas wilayah Kabupaten Purworejo di bidang ekonomi dan pembangunan maka juga memerlukan dukungan ketersediaan LPJU yang memadai. Sehingga transportasi dapat berjalan dengan lancar dan selamat serta minimal dari kejadian kecelakaan.

“Dengan inovasi ini dapat dikatakan Purworejo telah melakukan digitalisasi pelayanan pengelolaan lampu penerangan jalan umum,” katanya.

Bupati berharap, digitalisasi pelayanan pengelolaan lampu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi internet diharapkan dapat lebih memudahkan dan memperlancar dalam pelayanan dan pengelolaan LPJU.

“Untuk memaksimalkan pemanfaatanya maka perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas SDM teknisi, sehingga pelayanan dan pengelolaan LPJU semakin baik dan sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs Hery Raharjo MSi menjelaskan jika inovasi ini merupakan respon keberadaan Program unggulan Kabupaten Purworejo, “Purworejo Terang, Purworejo Padhang, Purworejo Padhang Dalane”.

Dikatakan Hery, koneksitas antar wilayah dan daerah di Kabupaten Purworejo telah didukung ketersediaan jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten. Sementara untuk jalan kabupaten sendiri sepanjang 2.055,26 km, yang terinci 769,25 km jalan kabupaten dan 1.286,01 km jalan poros desa.

Untuk menerangi ruas jalan tersebut, saat ini telah tersedia 4.191 tiang PJU dan 4.445 lampu penerangan jalan umum, dan akan terus bertambah jumlahnya setiap tahunnya. Kondisi yang demikian tentunya membutuhkan suatu strategi untuk pelayanan dan pengelolaannya sehingga lampu penerangan jalan umum dapat berfungsi maksimal.

“Kita sudah memiliki peta Digital LPJU yang mengcover semua LPJU di semua ruas jalan pusat, provinsi dan jalan Kabupaten Purworejo. Peta digital ini selain dapat mengetahui persebaran LPJU juga sebagai bahan pencermatan dalam merencanakan penyediaan LPJU,” ungkap Hery.

Selain itu, disejumlah ruas jalan saat juga sudah dapat kita kendalikan melalui smart phone. Yakni Jalan Jend Urip Sumoharjo (depan Kodim 0708), Jalan Mayjend Sutoyo (depan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian).

Disamping itu, juga dapat diketahui daya yang digunakan dan jumlah biaya rupiah yang nantinya akan dibayarkan.

“Nantinya lampu dapat kita kendalikan, kapan lampu akan menyala dan mati,” pungkas Hery.

Aplikasi “PANJALU” yang dapat diakses melalui : http://panjalu.purworejokab.go.id untuk memudahkan masyarakat dalam Laporan Pengaduan Gangguan kerusakan LPJU. (Jon/adv)