Bupati Purworejo Canangkan Desa Karangmulyo sebagai Kampung Durian

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, saat menanam tanaman durian, dalam pencanangan Desa Karangmulyo, Kecamatan Purwodadi sebagai Kampung Durian, Kamis (09/07/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, canangkan Desa Karangmulyo, Kecamatan Purwodadi, sebagai Kampung Durian, Kamis (08/07/2020).

Pencanangan Kampung Durian ini, ditandai dengan penanaman tanaman durian oleh Bupati. Sebanyak 500 bibit durian telah disiapkan pihak desa untuk nantinya ditanam pada setiap rumah warga desa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Purworejo menyampaikan, bahwa desa didorong untuk membuat berbagai kegiatan yang dapat memberdayakan masyarakat guna mengentaskan kemiskinan dan menumbuhkan perekenomian desa.

Bupati berharap, kedepan, perekonomian Desa Karangmulyo dapat semakin tumbuh. Jika perekonomian desa tumbuh, tentunya akan dapat mendorong perekonomian di kabupaten.

“Pemda akan terus mendorong upaya desa dalam upaya mengembangkan usaha yang berbasis masyarakat. Upaya kita untuk membangun infrastruktur juga akan terus kita dorong agar memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo, Wasit Diono menjelaskan, latar belakang pencanangan dari Kampung Durian ini, karena sebelumnya Desa Karangmulyo telah merintis menanam durian sejak tahun 2015.

Setelah empat tahun, yakni pada tahun 2019, 70% dari 115 tanaman durian Musangking telah berbuah. Untuk itu pada tahun ini Desa Karangmulyo ingin terus mengembangkan tanaman durian, dengan harapan, warga desa akan lebih sejahtera.

“Ekonomi pemberdayaan masyarakat menanam hortikultura yang mempunyai daya ungkit daerah, sinergitas dengan isu strategis Kabupaten Purworejo mendatang, adanya Bandara YIA, Bendung Bener, Otoritas Borobudur, serta Trans Jateng yang melintas Purworejo,” kata Wasit Diono. (Jon)