BPBD Kabupaten Purworejo Lakukan Studi Tiru ke BPBD Cilacap

    


Kalak BPBD Kabupaten Purworejo Budi Wibowo (kiri) saat diterima Kalak BPBD Kabupaten Cilacap Wijonardi, saat melakukan studi tiru, Senin (05/12/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – TRC BPBD (Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Purworejo, melakukan studi tiru ke BPBD Kabupaten Cilacap, Senin (05/12/2022) lalu.

Dipimpin Kepala Pelaksana Budi Wibowo, kedatangan tim BPBD Purworejo yang berjumlah sekitar 20 orang itu diterima Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Wijonardi.

Menurut Budi Wibowo, dipilihnya Kabupaten Cilacap sebagai lokasi studi tiru, karena kabupaten ini sama seperti Purworejo, yang wilayahnya terdiri dari pantai, gunung dan sungai yang mana potensi terkait dengan bencana relatif sama.

“Kita ngangsu kawruh terkait pengelolaan logistik, pusdalop (Pusat Pengendalian dan Operasional) terkait dengan kebencanaan dan rehab rekon,” ujar Budi Wibowo, Selasa (06/12/2022).

Memang, kata Budi, ada hal-hal baru yang didapatkan dalam studi tiru tersebut. Banyak pengalaman yang didapatkan terkait pengelolaan pusdalop, yang ternyata sudah sangat ketinggalan serta sarpras juga sudah banyak yang usang.

Di tahun 2023, menurut Budi, pihaknya akan mengadakan renovasi terkait pusdalop yang disesuaikan dengan fungsi yang ada disana, yakni pada saat kejadian bencana dan pelaporan-pelaporan pada saat kejadian bencana.

“Harapan dari studi tiru ini, kami ingin lebih baik lagi. Karena ilmu itu selalu berkembang,” pungkas Budi. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS