Bimtek Meningkatkan SDM untuk Pariwisata Holistik

oleh
Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Ekonomi Kreatif - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan, untuk mewujudkan pariwisata Bali yang berkualitas harus dilakukan secara holistik.

Menurutnya, pencapaian itu perlu dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendukung atau Akomodasi pariwisata, terutama transportasi. Namun, yang terpenting menurut Tjok Bagus adalah membangun kualitas sumber daya manusia.

“Pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa dipisahkan sesuai nomenklatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Tjok Bagus Pemayun membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Ekonomi Kreatif di Hotel Mercure Legian Kuta, Rabu, 5 Juli 2023.

Pembangunan Ekonomi Kreatif, kata Tjok Bagus, memiliki tujuan diantaranya, menyejahterakan rakyat Indonesia dan meningkatkan pendapatan negara.

Menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang berdaya saing global. Termasuk, menciptakan kesempatan kerja baru yang berpihak pada nilai seni dan budaya.

“Pengembangan ekonomi kreatif perlu memperhatikan dan melibatkan masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif agar tercipta kondisi yang kondusif bagi pelaku,” kata Tjok Bagus.

Kegiatan Bimtek yang diikuti 50 peserta itu berlangsung selama sehari. Peserta mendapat teori serta praktek, mulai dari menciptakan produk, peningkatan kualitas produk sampai teknik pemasaran. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News