Belum Akhir Tahun, Beberapa Proyek Jalan di Purworejo Sudah Selesai

    


Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo, Suranto, saat meninjau salah satu pekerjaan peningkatan jalan - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Hingga bulan Oktober 2021, untuk pekerjaan jalan dan jembatan di Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Purworejo sudah ada beberapa ruas yang sudah diselesaikan.

Suranto, selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo mengharapkan, di akhir tahun semua kegiatan yang dikelolanya bisa selesai tepat waktu.

“Tercatat, ada 6 ruas jalan yang sudah kami selesaikan sampai bulan Oktober 2021,” ujar Suranto, Jum’at (22/10/2021).

Enam ruas jalan ini, peningkatan struktur dan kapasitas jalan Krendetan-Sumorejo dengan sumber dana DAK reguler Dengan nilai kontrak sekitar Rp 6,5 milyar, proyek ini dikerjakan oleh PT Ahza Putra Mailanik, panjang penanganan 1.400 X 5,5 meter persegi.

Peningkatan kapasitas struktur jalan Popongan-Banyuurip, dengan realisasi penangan 2.100 X 6 meter persegi, dan bersumber dana DAK reguler. Proyek dengan nilai kontrak sekitar Rp 11, 4 milyar ini dikerjakan oleh PT New Cakti.

“Dari DAK penugasan, proyek peningkatan jalan dan kapasitas struktur jalan Kalijambe-Cacaban Lor, dengan nilai kontrak mencapai Rp 8,9 milyar, dikerjakan oleh PT Tawakal Tsani Makmur. Realisasi penangan, 2.500 X 3 meter persegi,” ungkap Suranto.

Lanjutnya, peningkatan jalan Karangrejo- Ngaran yang sifatnya rehabilitasi jalan, sumber dana dari APBD Kabupaten. Dikerjakan oleh PT Cakra Utama Ascarya, dengan nilai kontrak mencapai Rp 5 milyar. Realisasi penangan, 2.500 X 3 meter persegi, dengan penambahan bahu jalan kanan kiri beton.

Rehabilitasi jalan Sruwoh-Suren, dengan nilai kontrak mencapai Rp 2 milyar, dikerjakan oleh CV Citra Sakti Nusantara. Realisasi penangan 1.100 X 3 meter persegi.

“Terakhir, pemeliharaan berkala jalan Tentara Pelajar, dengan nilai kontrak Rp 3,3 milyar, dikerjakan oleh PT Tawakal Tsani Makmur, dengan realisasi penangan 1.370 X 10,5 meter persegi,” kata Suranto.

Dia berharap, mudah-mudahan dengan terbangunnya jalan yang sudah dikerjakan ini, arus lalu lintas dan perekonomian menjadi lancar. Sehingga harapan bupati dengan slogan Purworejo Mulyo bisa tercapai.

“Kami mendukung visi misi Bupati, khususnya peningkatan insfratruktur dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Suranto.

Dijelaskan pula, bahwa dari PUPR juga membangun DED yang menjadi kewenangan kabupaten, dan hingga kini masih ada beberapa kegiatan, baik itu SDA maupun jalan dan jembatan yang sedang dalam pelaksanaan.

“Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” pungkas Suranto. (Jon)