Andi, Cakades PAW Desa Trirejo, Siapkan Konsep Open Manajemen

    


Andi Prasetiawan (41), salah satu cakades PAW Desa Trirejo, Loano, Purworejo, Jateng - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desanya, Pemdes Trirejo, Loano, Purworejo, Jateng, akan segera mengadakan pemilihan kepala desa secara PAW (Pemilihan Antar Waktu).

Setelah melalui beberapa proses tahapan, bakal calon yang sudah ditetapkan berkasnya komplit atau lengkap, ada dua, Andi Prasetiawan dan Sri Puji Astuti.

Sebagai salah satu calon yang diunggulkan, Andi Prasetiawan (41) mengungkapkan, bahwa niatnya untuk maju dalam Pilkades PAW Trirejo, semata-mata hanya untuk mengabdi kepada masyarakat, guna membangun Desa Trirejo.

“Smoga kedepannya masyarakat, lebih sejahtera. Untuk itu, saya sudah menyiapkan konsep open manajemen jika terpilih nanti,” ujar Andi, warga Sejiwan Kidul, RT 02/ RW 03, Trirejo ini, Selasa (25/05/2021).

Dalam konsep open manajamen ini, kata Andi, nantinya semua harus transparansi, termasuk pada dana-dana bantuan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, nanti dibikin rekening bersama.

Untuk pencairan dana bantuan seperti dana bansos, bedah rumah dan lainnya, Andi menginginkan adanya rekening bersama.

“Dalam rekening bersama ada kades, bendahara, dan ketua BPD. Tanpa persetujuan ketiganya, dana nggak bisa mencairkan,” terang Andi, seorang pengusaha di bidang perkayuan ini.

Untuk target kedepannya di bidang pembangunan, ujar Andi, dirinya akan memprioritaskan masalah pengairan irigasi sawah, biar petani tidak kekurangan air, dan membantu petani dalam pengadaan pupuk.

Menurut Andi, dirinya sudah menyerap banyak aspirasi dari warga, untuk kepentingan kemajuan pembangunan Desa Trirejo.

Warga, aku Andi, menginginkan adanya pembangunan balai desa, karena sudah puluhan tahun kantor balai desa Trirejo agak tertinggal dibanding desa lain. Masalah pologoro juga menjadi salah satu aspirasi yang diserapnya. Warga juga menginginkan agar pasar rakyat di Sejiwan dihidupkan kembali.

“Saya open kritik, open saran, dan dan open aspirasi-aspirasi masyarakat. Yang tujuannya untuk membangun, memang betul-betul saya perhatikan. Mari bersama-sama membangun desa,” kata Andi, ayah 3 anak ini.

Saat ini, ungkap Andi, jumlah pemilih di Desa Trirejo sesuai data pilbup, 2.200 jiwa . Dan sesuai ketentuan, untuk pemilihan PAW, diambil 10 persen dari jumlah pemilih, yakni 220 jiwa. Pelaksanaan pemilihan sendiri rencananya akan dilakukan pada 13 Juli 2021.

“Jika dipercaya menjadi kades di Trirejo ini, saya hanya akan menghabiskan masa jabatan almarhum Kepala Desa sebelumnya, Dwi Darmawan hingga 2025,” pungkas Andi, yang akan mengedepankan musyawarah untuk pengambilan suatu keputusan, dan tidak otoriter. (Jon)