90 Ribu Pekerja Pariwisata di Bali Siap Divaksin

    


Kepala Dinas Pariwisata Bali I Putu Astawa - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 90 ribu pekerja pariwisata di Bali dipastikan menjadi daftar tunggu pemberian vaksin covid-19. Kepala Dinas Pariwisata Bali I Putu Astawa mengatakan, jumlah itu akan tercover oleh vaksin sinovac. Hanya saja, untuk menyelesaikan pekerjaan itu, pihaknya tetap harus menunggu ketersediaan vaksin dan tenaga vaksinator.

“Ini bagian upaya membangun kepercayaan masyarakat dunia dalam penanganan Covid-19,” kata Putu Astawa di Hotel Haris Sunset Road, Selasa (16/3/2021).

Pekerja pariwisata, kata Putu Astawa, menjadi garda terdepan untuk menyambut reopening Bali sebagai destinasi wisata dunia. Vaksinasi menjadi bagian dari penguatan dari program yang dijalankan sebelumnya yakni, cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE).

Dari situ, pemerintah provinsi Bali mencanangkan tiga zona hijau yakni, Ubud, Sanur dan Nusa Dua yang akan menjadi model pariwisata Bali sebelum dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara.

“Dari perpaduan tiga unsur itu, CHSE, vaksin dan penerapan disiplin prokes, kepercayaan masyarakat dunia terhadap Bali semakin baik. CHSE sebenarnya adalah embrio pariwisata sehat,” jelasnya.

Putu Astawa juga mengatakan, dari asumsi jumlah vaksinasi setiap hari yang mencapai 1.000 hingga 1.500 orang, target penyelesaian vaksinasi terhadap 90 ribu pekerja pariwista akan selesai dalam 5 bulan.

“Kami berkoordinasi terus dengan Kadis Kesehatan terutama terkait ketersediaan vaksin dan tenaga vaksinator,” ujarnya.

Dalam kunjungan presiden Joko Widodo ke Ubud, 500 orang menerima vaksin covid-19 tahap pertama. Total pekerja pariwisata yang divaksin pada Selasa (16/3/2021) sebanyak 1.200 orang.

Sementara, dari perkembangan covid-19 DI Bali selama beberapa hari terlahir menunjukkan tren landai. Tercatat pada Selasa (16/3/2021) terkonfirmasi positif sebanyak 77 orang. Jumlah itu terdiri dari 67 orang melalui transmisi lokal dan 99 orang pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

Kesembuhan tercatat, 220 orang dan 8 orang meninggal dunia. Secara total, jumlah terkonfirmasi positif covid-19 di Bali sebanyak 37.077 orang, sembuh 34.531 orang (93,13%), dan meninggal dunia 1.033 orang (2,79%). Kasus aktif per hari ini menjadi 1.513 orang (4,08%). (Way)