5 Tempat Kulineran Rekomendasi di Kota Solo, Pilih yang Mana?

oleh
Kawasan Pasar Gede Hardjonagoro di Kota Solo - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kota Solo terkenal sebagai gudangnya tempat kulineran yang murah dan bikin ketagihan. Makanan khas yang paling menonjol di Kota Bengawan itu adalah nasi liwet yang terkenal gurih.

Namun, belakangan mulai bermunculan warung-warung yang mengangkat kembali menu masakan lokal dengan kombinasi moderen. Mulai angkringan hingga fine dining. Dari 5 tempat kulineran rekomendasi berikut, kamu pilih mana?

1. Es Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede

Es Dawet asli Solo ini memiliki ciri khas warna yang menggoda, hijau. Tambahan isiannya komplit seperti durian, ketan hitam, bubur sumsum dan lainnya. Kelebihan dari Es Dawet Telasih Bu Dermi yakni, punya cita rasa creamy.

Jika anda lagi Kota Solo, langsung saja kunjungi kawasan Pasar Gede Hardjonagoro di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

2. Soto Seger Hj. Fatimah

Soto Seger Hj. Fatimah memang sudah cukup kondang. Harga per mangkuk murah dan terjangkau. Ditambah lauk pauk yang disediakan buat menu camilan, lengkap dan menggoda. Lokasi yang mudah dijangkau berada di Jalan Bhayangkara, No.72, Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Solo.

3. Dapur Solo Hj. Indrat, Edupark Kampus UMS Solo

Rumah makan Dapur Solo Hj.Indrat yang berada di Kawasan Edupark kampus UMS Solo ini menyajikan menu tradisional asli Solo seperti Bakso Solo, Gudeg, Sayur Lombok Ijo, Sayur Bening dan puluhan menu sayur lainnya.

Yang paling istimewa di warung itu yakni, menu Ayam Klamut. Kuliner satu ini diolah hingga tekstur dagingnya terasa lembut. Siraman kuah akan menambah gurih cita rasa Ayam Klamut.

Selain itu, warung yang dipenuhi interior Jawa klasik semakin bikin betah pengunjung.

4. Angkringan Omah Semar Solo

Angkringan Omah Semar Solo merupakan spot nongkrong yang nyaman dan santai. Rumah wedangan yang di kemas gaya angkringan ini beralamat di jalan Duku 1, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo.

Sajian andalannya yakni Wedang Jokowi dan Bakmi Jawa kalau pengunjung ingin memesan maincourse.

5. Pracima Tuin

Tempat kuliner satu ini bergaya Eropa klasik yang berada di lingkungan Istana Mangkunegaran, Surakarta. Pracima Tuin bukan hanya menyajikan menu makanan Keraton yang terasa ekstraordinari namun juga memberikan pengalaman berkelas fine dining layaknya keluarga kerajaan.

Menu makanan dan minuman diolah dari menu tradisional asli Keraton Mangkunegaran dengan penambahan kreasi modern dalam saat disajikan. Salah satu minuman andalan yang ada di tempat tersebut yakni, Teh Pracimasana.

Untuk berkunjung di Pracimasana atau Percuma Tuin, pengunjung lebih dulu melakukan reservasi. Sebab, rumah makan ini memang tidak terbuka untuk umum dan harus melalui reservasi terlebih dulu.

Menariknya lagi, pengunjung akan mendapatkan pelayanan dan jamuan layaknya tamu tamu raja. (Way/djk)

KORANJURI.com di Google News