30 Napi Lapas Pemuda Tangerang Ikuti Wisuda Sarjana, 3 Cumlaude

    


Prosesi wisuda para narapidana itu dilakukan bersama 1.248 wisudawan dari UNIS, Sabtu, 1 Oktober 2022 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 30 orang Narapidana Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang resmi menjadi Sarjana. Selama menjalani pidana, mahasiswa tersebut mengikuti perkuliahan di Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang.

Prosesi wisuda para narapidana itu dilakukan bersama 1.248 wisudawan dari UNIS, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Seorang wisudawan yang masih berstatus narapidana Rahmat Sesario mengungkapkan rasa haru berhasil mengenakan toga.

“Saya tak menyangka bisa meraih gelar sarjana dari dalam lapas,” kata Rahmat.

Dari 30 wisudawan dari Lapas Pemuda Tangerang, tiga diantaranya berhasil meraih predikat cumlaude. Ketiganya yakni, Rachmat Sesario dengan IPK 3,92, Dede Setiawan 3,85 dan Antonius Richard dengan jumlah IPK 3,84.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS) Thurman Hutapea, mengatakan, predikat cumlaude membuktikan bahwa jeruji besok tidak membatasi untuk belajar.

“Semangat belajar dan berprestasi, bahkan mungkin melebihi mereka mahasiswa yang ada di luar lapas,” kata Thurman.

UNIS menjadi Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yang bersedia untuk memberikan program pendidikan yang berkemanusiaan, inklusif dan non diskriminatif.

Selain itu, kata Thurman, UNIS berani memberikan contoh bagi perguruan tinggi lain dalam mendukung keberhasilan reintegrasi sosial dan membantu warga binaan mereformasi diri mereka melalui pendidikan.

“Narapidana terpilih telah melewati rangkaian proses asassement dan test penyaringan yang dilakukan secara ketat di seluruh lapas dan rutan se-Indonesia,” jelas Thurman. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS