16 Napi Rutan Purworejo Ikuti Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi

    


Para napi Rutan Purworejo, saat berada di kantor UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Selasa (26/2), untuk mengikuti pembukaan Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 16 napi Rutan Kelas IIB Purworejo yang memasuki tahap asimilasi, mengikuti kegiatan Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi Dana APBN TA 2019, untuk Kejuruan Pertukangan Kayu / Meubelair, yang diselenggarakan oleh UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo.

Pembukaan pelatihan, dilakukan di aula Balai Latihan Kerja Kabupaten Purworejo, Selasa (26/2).
Kegiatan pelatihan ini merupakan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo ke Rutan Purworejo dan penyelengaranya sepenuhnya menggunakan APBN TA 2019 melalui DIPA Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo.

“Pelatihan ini dilaksanakan guna mendukung program kegiatan Pembinaan Kemandirian bagi Napi di Rutan Purworejo,” ujar Karutan Purworejo, Lukman Agung Widodo.

Harapannya, kata Lukman, nantinya bisa menjadi bekal ketika sudah bebas, sehingga dapat bekerja dan melakukan usaha dengan baik, tidak kembali melakukan tindakan melanggar hukum dan dapat hidup berdampingan dengan masyarakat.

Dalam pelatihan ini, nantinya para napi akan menjalani pelatihan di dalam rutan, dengan pendampingan instruktur dari BLK. Platihan meubelair akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Pebruari 2019 hingga 18 Maret 2019.

Sururudin napi asal kecamatan Loano kasus Pencurian adalah Salah satu Narapidana yg mengikuti kegiatan pelatihan ini menyatakan sangat senang diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang selama ini belum pernah didapatkan dan dia bercita cita setelah keluar rutan akan membuka usaha perkayuan.

Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto berharap, agar seluruh peserta pelatihan dapat menjadi cikal bakal dalam berwirausaha dan dapat mengembangkan usahanya. (Jon)