149 Mahasiswa UM Purworejo Diwisuda. 13 Wisudawan Berpredikat Cumlaude

    


Prosesi Wisuda mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo ke 64, Sabtu (05/06/2021), di Auditorium Kasman Singodimedjo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo), kembali menggelar upacara wisuda di Auditorium Kasman Singodimedjo, Sabtu (05/06/2021).

Dalam upacara wisuda ke-64 tersebut, sebanyak 149 lulusan dari berbagai program studi diwisuda, yang diawali dengan Rapat Senat Terbuka.

Dr Rofiq Nurhadi, MAg, selaku Rektor UM Purworejo dalam acara wisuda tersebut mengucapkan selamat atas keberhasilan para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di UM Purworejo

“Secara khusus, kami ucapkan selamat kepada wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude, wisudawan terbaik dan wisudawan yang lulus dengan usia termuda,” ujar Rofiq.

Dijelaskan pula oleh Rofiq, dari total lulusan yang diwisuda, terdiri atas 94 perempuan dan 55 laki-laki dari 14 program studi (prodi). 13 Wisudawan
di antaranya berhasil meraih predikat cumlaude.

Perincian wisudawan dari 14 prodi ini, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (13), Bahasa Inggris (6),
Pendidikan Ekonomi (12), Pendidikan Matematika (16), Pendidikan Fisika (1), Pendidikan Teknik Otomotif (12), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 16 orang, Manajemen (50), Agribisnis (2), Peternakan (3), Teknik Sipil (10), Psikologi (6 ), Hukum (1), dan Teknologi Informasi (1).

Wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude, jelas Rofiq, terdiri dari
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (9), Bahasa Inggris(1) , PGSD (2), Agribisnis (1).

“Wisudawan yang dinyatakan lulus terbaik untuk tiap-tiap program studi, Agribisnis Desi Damayanti, dengan IPK 3,86, PGSD Rizky Fadjar Choirrul Linda, dengan IPK 3,80, Pendidikan Bahasa Inggris Runi Rofiqoh, dengan IPK 3,72, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Iis Nurul Izah, dengan IPK 3,72
. Dan wisudawan termuda, Dimas Wahyu Saputro, Prodi Pendidikan Ekonomi, yang saat ini berusia 21 tahun 1 bulan 3 hari,” terang Rofiq.

Rofiq juga mengingatkan, dengan ketatnya persaingan dalam semua aspek kehidupan membuat kita harus mempunyai kompetensi yang dapat di andalkan. Pendidikan dan pengalaman selama menjalani kuliah di Universitas Muhamamdiyah Purworejo, diharapkan dapat menjadi bekal dalam berfikir dan bertindak.

“Tentunya sebagai insan intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dan berbudaya,” ujar Rofiq.

Terpisah, Agung Setiawan, ST, selaku Ketua Panitia menjelaskan, bahwa Wisuda ke 64 kali ini dilaksanakan secara Hybrid Wisuda. Wisudawan berpredikat Cumlaude, Terbaik dan Berprestasi Non Akademik mengikuti prosesi wisuda secara tatap muka, sedang wisudawan lainnya secara drive thru.

“Model ini dilaksanakan sebagai bagian dari rencana pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Purworejo yang dilaksanakan secara Hybrid/Blended Learning,” pungkas Agung. (Jon)