Wujudkan Sekolah Vokasi, SMK TKM Purworejo Undang Guru Tamu dari PT Bukaka

    


Penandatanganan MoU antara SMK TKM Purworejo yang diwakili Kepala Sekolah Ki Gandung Ngadina, S.Pd., M.Pd., dengan PT Bukaka Teknik Utama yang diwakili Anton Fatoni, selaku CSR dan General Affair - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk mewujudkan SMK sebagai sekolah vokasi, SMK TKM Purworejo mengundang Guru Tamu dari PT Bukaka Teknik Utama, Sabtu (01/10/2022). PT Bukaka sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, prokureman dan kontruksi yang berkantor pusat di Bogor.

Sebagai peserta dalam program Guru Tamu ini, perwakilan siswa dari kelas XI dan XII, dengan menghadirkan narasumber Anton Fatoni, CSR dan General Affair PT Bukaka.

Menurut Kepala SMK TKM Purworejo Ki Gandung Ngadina, S.Pd., M.Pd., dalam sekolah vokasi ini, seharusnya sekolah ‘nikah’ dengan DUDI sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan sebagai sekolah vokasi agar bisa berkembang dengan baik, SMK TKM Purworejo menjalin kerjasama dengan PT Bukaka yang ditandai dengan penandatanganan MoU.

“Inti dari MoU, PT Bukaka sebagai tempat magang guru, sebagai tempat magang siswa, sebagai tempat untuk siswa PKL, informasi rekrutmen tenaga kerja, sinkronisasi kurikulum dan uji kompetensi,” jelas Ki Gandung, di sela kegiatan.

Untuk mewujudkan SMK sebagai sekolah vokasi, SMK TKM Purworejo mengundang Guru Tamu dari PT Bukaka Teknik Utama, Sabtu (01/10/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

Untuk mewujudkan SMK sebagai sekolah vokasi, SMK TKM Purworejo mengundang Guru Tamu dari PT Bukaka Teknik Utama, Sabtu (01/10/2022) – foto: Sujono/Koranjuri.com

Dijelaskan, dengan selalu adanya informasi tentang rekrutmen tenaga kerja lebih awal, dari sekolah akan dapat melangkah lebih cepat untuk melaksanakan kegiatan menyiapkan siswa tamatan yang betul-betul bisa bekerja.

Karena bekerja itu, menurut Ki Gandung, ada tiga, yakni, kerja pada orang lain (karyawan), abdi negara (PNS) dan mandiri (wiraswasta). Dengan guru tamu dari PT Bukaka ini, untuk memberikan suatu inspirasi dan pendidikan kepada siswa dalam rangka, setelah tamat kemudian berwiraswasta.

“Kiita dorong tentang wiraswasta. Dan kedatangan guru tamu dari DUDI ini sangat positif bagi anak-anak kami,” ungkap Ki Gandung.

Guru tamu, kata Ki Gandung, merupakan satu langkah dalam rangka sekolah meningkatkan kwalitas, memberikan informasi dan pendidikan kepada siswa, khususnya siswa SMK TKM Purworejo untuk menghadapi masa yang akan datang.

Sebagai guru tamu, Anton memperkenalkan diri dengan mengulas tentang profil perusahaan, dimana PT Bukaka merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, prokureman dan kontruksi. Produk-produk dari PT Bukaka, seperti jembatan misalnya, sudah banyak dipakai di dalam negeri dan banyak negara di dunia.

“Karena ini kaitannya dengan industri, materi yang kami sampaikan terkait budaya kerja, bagaimana anak itu bisa berinteraksi dengan industri. Dalam budaya kerja ini, yang paling penting itu attitude-nya,” jelas Anton.

Dalam budaya industri, kata Anton, teknologi terus berkembang. Jadi siswa harus bisa mengikutinya. Dan dalam MoU, PT Bukaka juga melakukan uji kompetensi. Hasil yang diujikan di sekolah, nantinya akan diverifikasi dari industri, sesuai tidak dengan industri.

“Kita juga sampaikan tentang teknik-teknik wawancara dan test psikotest,” pungkas Anton. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS