Webometrics Tempatkan ITB STIKOM Bali di Jajaran Kampus Top Dunia

oleh
(Ki-ka) Rektorat ITB STIKOM Bali: Wakil Rektor 3, I Made Sarjana, SE., MM., Rektor Dr. Dadang Hermawan, Wakil Rektor 2 Ni Luh Putri Srinadi, SE., MM.Kom, dan Wakil Rektor 1 Ida Bagus Suradarma, SE., M.Si. - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Lembaga pemeringkatan universitas dunia Webometrics Ranking of World Universities di Spanyol, merilis daftar Universitas terbaik dunia tahun 2021. Indonesia masuk dalam pemeringkatan tersebut.

Penilaian dilakukan melalui analisa website dari 31.000 perguruan tinggi negeri dan swasta di dunia. Jumlah itu tersebar di lebih dari 200 negara. Webometrics merilis hasilnya pada akhir Januari 2021 melalui laman https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia.

Berdasarkan rilis tersebut, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali berada pada peringkat 169 dari 4.504 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia (Data Kemenristek Dikti tahun 2017). Sedangkan di tingkat dunia, Webomatrics merilis ITB STIKOM Bali berada pada ranking 7.889 di tahun 2021 ini.

Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) atau badan riset publik terbesar di Spanyol.

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut.

Pemeringkatan dilakukan terhadap seluruh perguruan tinggi di dunia berdasarkan empat komponen yang menjadi indikator utama yakni, Presence, Impact, Openness, dan Excellence.

Komposisi penilaian Presence : 5 %, Impact: 50%, Openness : 10%, Excellence: 35%.

“Tentu, peringkat 169 nasional ini sungguh sungguh membanggakan segenap civitas akademika ITB STIKOM Bali yang baru berumur 1,5 tahun setelah bertransformasi dari sekolah tinggi menjadi institut,” kata Rektor ITB STIKOM Bali Dr Dadang Hermawan, Minggu, 31 Januari 2021.

Dadang melanjutkan, pencapaian itu juga mengindikasikan, pelayanan ITB STIKOM Bali melalui website bermanfaat bagi publik.

Dikatakan, sejak awal ITB STIKOM Bali berkomiment memberikan pelayanan terbaik melalui semua saluran yang dimiliki, termasuk website. Hal itu sejalan dengan tagline ITB STIKOM Bali yakni ‘always the first’ atau selalu yang pertama.

“Apa yang orang lain baru berpikir, kamu sudah laksanakan. Itu kira-kira filosofinya,” kata Dadang.

Perlu diketahui, kampus ICT pertama di Bali dan Nusa Tenggara ini berdiri pada 10 Agustus 2002 dengan nama STMIK STIKOM Bali. Kemudian, sesuai Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 357/KPT/I/2019, tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer, lembaga pendidikan itu menyandang status Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali sejak 7 Mei 2019.

Sesuai namanya, ITB STIKOM Bali tak hanya mempelajari ilmu komputer, tapi juga ilmu bisnis. Saat ini jumlah mahasiswa mencapai 6.500 orang yang tersebar di 5 program studi yakni, Prodi Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Bisnis Digital, Manajemen Informatika.

Prodi National Dual Degree yang bekerjasama dengan Binus University Jakarta (gelar Sarjana Komputer dari STIKOM Bali dan Sarjana Manajemen dari Binus Jakarta) dan International Dual Degree, bekerjasama dengan Help University Malaysia (Sarjana Komputer dari STIKOM Bali dan Bachelor of Information Technology dari Help University).

ITB STIKOM Bali memiliki tiga kampus, yakni Kampus Renon, Kampus Jimbaran dan Kampus Abiansenal. (*/Way)

KORANJURI.com di Google News