Wagub Bali Sampaikan Pesan Toleransi pada Peresmian Gereja Katholik Santa Maria Ratu Rosari

    


Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri peresmian Gereja Katholik Santa Maria Ratu Rosari, Gianyar - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menghadiri peresmian Gereja Katholik Santa Maria Ratu Rosari, Gianyar, Minggu, 23 Agustus 2020.

Gereja Santa Maria Ratu Rosari menjadi satu kesatuan dalam Keuskupan Denpasar dengan wilayah paroki Gianyar. Wilayahnya mencakup Kabupaten Gianyar dan Bangli.

Cok Ace berharap, usai diresmikan dan digunakan sebagai tempat ibadah gereja tersebut dapat memberikan dampak positif bagi umatnya dan masyarakat di lingkungan sekitar.

Menurut tokoh Puri Ubud itu, masyarakat Gianyar memiliki toleransi tinggi terhadap agama. Keberadaan gereja diharapkan juga meningkatkan rasa gotong royong antar umat beragama. Sehingga, perbedaan dapat hidup berdampingan dengan rukun dan harmonis

“Setelah dibangunnya tempat ibadah ini, kedepan imam gereja dan pemimpin umat akan semakin kokoh dan meningkatkan rasa toleransi dalam kehidupan beragama,” kata Cok Ace.

Wagub berpesan, masyarakat yang ingin melakukan kegiatan persembahyangan di tempat ibadah masing-masing, untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Sehingga ibadah dapat dilakukan dengan tenang, aman dan sehat,” ujarnya.

Pastor Paroki Gereja Santa Maria Ratu Rosari Romo I Gusti Bagus Kusumawanta menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Gianyar dan FKUB Gianyar, dalam pembangunan gereja.

“Kiranya gereja ini dapat menjadi tempat ibadah umat Kristiani di Gianyar dan menjadi berkat untuk kita semua,” kata Romo I Gusti Bagus Kusumawanta.

Peresmian gereja Santa Maria Ratu Rosari dilakukan oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra dengan penandatanganan prasasti. Hadir dalam peresmian Wakil Bupati Gianyar, FKPD Kabupaten Gianyar, dan FKUB Kabupaten Gianyar.

Prosesi pemberkatan gereja dilakukan pada Sabtu (22/8/2020) dipimpin oleh Uskup Denpasar Mgr. Dr. Silvester San, Pr. (Way)