Wabup Purworejo Kunjungi Korban Banjir di Pituruh

    


Wabup Purworejo Yuli Hastuti saat mengunjungi dapur umum untuk para korban banjir di Desa Brengkolan, Pituruh, Rabu (10/02/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Hujan yang terjadi pada Selasa (09/02/2021) sore hingga Rabu (10/02/2021) pagi dengan intensitas tinggi, membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo mengalami banjir. Salah satunya di Desa Brengkol, Pituruh.

Wabup Purworejo Yuli Hastuti, saat meninjau para korban banjir di Brengkolan, Pituruh, Rabu (10/02/2021), meminta koordinasi penanganan bencana banjir harus secepatnya.

“Saya berharap masyarakat lebih waspada jika terjadi hujan yang deras, sehingga bisa diminimalkan hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Wabup, yang dalam kesempatan tersebut meninjau dapur umum sekaligus menyampaikan bantuan sembako.

Dalam kunjungan tersebut, Wabup Yuli Hastuti didampingi Camat Pituruh, Yudhi Agung Priyanto, Sekcam Helmi Fuad, dan Kepala Desa Brengkolan, Bibit Turasmi.

Menurut Wabup, dapur umum ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan makan bagi warga yang terkena banjir. Tentunya agar dikelola dengan baik tanpa ada yang terlewatkan untuk mendapatkan bantuan makan siap saji.

“Jangan sampai ada yang kelaparan. Disamping itu Kesehatan warga juga harus diprioriraskan terutama obat-obatan,” pesan Wabup.

Sementara itu Camat Yudhi Agung Priyanto menjelaskan, banjir terjadi di Desa Brengkolan di enam pedukuhan yakni Dukuh Kedungringin, Keputihan, Kliwonan, Sigenuk, Krajan 1 dan Krajan 2.

“Sedangkan yang terdampak 250 KK, dengan jumlah 750 jiwa. Untuk penanganan, dilalukan evakuasi warga dengan melibatkan instansi terkait. Juga membuat dapur umum,” kata Yudhi.

Kades Bibit Turasmi juga menjelaskan, banjir berawal dari terjadinya hujan deras disertai angin pada Selasa (09/02/2021) sore jam 16.00 WIB. Setengah jam kemudian sungai lesung meluap dan menggenangi 6 pedukuhan hingga setinggi 1, 5 meter.

“Kami lalu berkoordinasi dengan kecamatan dan kabupaten. Alhamdulillah dapat segera tertangani,” terang Turasmi. (Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas