Wabup Buka Porkab Purworejo 2022

    


Wakil Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH saat membuka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Purworejo ke-II di GOR Sarwo Edhie Wibowo, Selasa (9/8/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Purworejo ke-II, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Acara berlangsung di GOR Sarwo Edhie Wibowo, Selasa (9/8/2022) dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat se Kabupaten Purworejo, Ketua KONI dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Wabup mengapresiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Purworejo yang telah menggelar Porkab.

“Porkab merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga nasional, dimana dari ajang tersebut diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet berbakat, berprestasi ,” katanya.

Wabup menambahkan, Porkab hendaknya tidak hanya menjadi agenda rutin tahunan semata, namun harus menjadi wahana pembibitan dan pembinaan olahraga yang harus dilaksanakan dengan konsisten.

“Penyelenggaraan PORKAB hendaknya diselenggarakan tetap memperhatikan tujuan keolahragaan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan,” imbuhnya.

Melalui Porkab, Wabup berharap akan mampu menjaring bibit-bibit atlet potensial atlet yang akan dibina lebih lanjut. Sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi pada ajang PORPROV maupun event lain yang lebih tinggi.

Sementara Martinho Dos Santos MM selaku Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan merangkap Kabid Olahraga Dinporapar mengatakan Porkab bertujuan untuk penjaringan atlet olahraga dalam kegiatan keolahragaan di tingkat Provinsi maupun Nasional, dan pemberdayaan masyarakat bidang olahraga menuju Purworejo Berprestasi tahun 2022/2023.

Dijelaskan, Porkab diikuti 765 orang yang terdiri dari 550 atlet, 80 offical dan 135 panitia. Lomba dilaksanakan tanggal 9 sampai 13 Agustus 2022 dengan cabor yang dilombakan mengacu pada olahraga yang diminati masyarakat, yaitu sepak bola putra, bola voli putra dan putri, tenis meja putra dan putri, bulu tangkis putra dan putri, serta catur putra dan putri.

“Kami berharap, dengan diadakannya Porkab ini dapat terus berkelanjutan, massif dan mendapatkan atlet-atlet potensial untuk Kabupaten Purworejo,” harapnya. (Jon/adv)