Vita Ervina, Anggota Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan Alsintan Rp 2,348 Miliar

    


Vita Ervina, SE, MBA, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, saat menyerahkan bantuan alsintan (alat mesin pertanian) kepada perwakilan 30 kelompok tani dari berbagai wilayah se Kabupaten Purworejo, Rabu (27/10/2021) di Hotel Plaza - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Vita Ervina, SE, MBA, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, menyerahkan bantuan alsintan (alat mesin pertanian) sebanyak 30 unit, kepada 30 kelompok tani dari berbagai wilayah se Kabupaten Purworejo.

Penyerahan dilakukan secara simbolis, Rabu (27/10/2021), di Hotel Plaza Purworejo, di sela kegiatan Bimbingan Teknis
Optimalisasi Penggunaan Alat Mesin Pertanian, yang merupakan kerjasama dengan Balai Besar Mekanisasi Pertanian.

Bantuan senilai Rp 2,348 miliar itu, merupakan aspirasi Vita Ervina, anggota DPR RI dari Dapil VI Jateng (Purworejo, Magelang Raya, Wonosobo, Temanggung), yang diteruskan ke Kementerian Pertanian.

“Saya berharap, alsintan ini segera diserahkan kepada para kelompok tani yang menerimanya, agar cepat dipergunakan,” jelas Vita Ervina, usai penyerahan.

Kegiatan Bimbingan Teknis
Optimalisasi Penggunaan Alat Mesin Pertanian tersebut, diikuti oleh kepala desa dan atau ketua kelompok tani penerima program Aspirasi Bantuan Alsintan TA 2021 se Kabupaten Purworejo, para penyuluh pertanian, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dr. Ir. Agung Prabowo, M. Eng., Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian atau yang mewakili, juga Wasit Diono, S,Sos., Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo.

Vita menyampaikan,
kegiatan Bimtek merupakan kerjasama antara Anggota Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian yang telah dilakukan secara berturut-turut dalam kurun waktu September sehingga akhir Oktober 2021, di wilayah Dapil Jateng VI (Purworejo, Magelang Raya, Temanggung dan Wonosobo).

“Kita adakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kualitas SDM di sektor pertanian. Kami bersinergi, berkomitmen dalam upaya menuju sektor pertanian yang maju, mandiri dan modern,” ujar Vita, di hadapan para peserta.

Terkhusus Alsintan, kata Vita memiliki peran strategis dalam mekanisasi dan modernisasi pertanian agar proses menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.

Melalui program bantuan alsintan baik pra panen maupun pasca panen ini, Vita mengharapkan pada kelompok tani agar dapat bekerjasama bahu membahu, bergotong royong, saling berbagi pengetahuan dan ketrampilan dalam mengoptimalkan bantuan alsintan yang diberikan.

Menindaklanjuti aspirasi masyarakat petani, ungkap Vita, setiap tahunnya Komisi IV DPR RI senantiasa memperjuangkan anggaran yang merata dan proporsional bagi program bantuan alsintan dalam rangka modernisasi dan mekanisasi pertanian, yang kemudian menjembatani penyaluran alat mesin pertanian ke kelompok-kelompok tani.

“Untuk Kabupaten Purworejo, tahun ini kami menyerahkan 30 unit alsintan pada kelompok tani berupa traktor roda 2 sejumlah 11 unit, traktor roda 4 sejumlah 3 unit, Cultivator 2 unit, Rice Transplanter 1 unit, Pompa Air 3 unit, Power Thresher 2 unit, Combine Harvester Besar 1 unit, dan Rice Milling 1 Unit,” terang Vita.

Tujuannya diadakannya Bimtek, kata Vita, untuk memberi gambaran tentang pemanfaatan dan penggunaan alsintan, sehingga para kelompok tani penerima alsintan dapat dibekali pengetahuan dan gambaran bagaimana memanfaatkan dan mengoptimalkan alat-alat tersebut dengan baik dan bisa menularkan pengetahuan yang diperoleh kepada anggota kelompoknya yang lain.

“Saya berharap kegiatan ini bisa sebagai ajang menjalin komunikasi, koordinasi antar sesama kelompok tani, sehingga harapannya petani mampu meningkatkan produktivitasnya dan secara ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan,” pungkas Vita. (Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas