Tutup Tahun 2021, Layanan Indosat Ooredoo 5G Rambah Kota Balikpapan

    


Indosat Ooredoo meluncurkan layanan 5G di Balikpapan dalam mendukung persiapan Ibukota Baru di Penajam Paser Utara, yang berdekatan dengan Balikpapan, Kalimantan Timur - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Dalam mendukung persiapan Ibukota baru Indonesia di Balikpapan, Indosat Ooredoo kembali meluncurkan layanan komersial 5G, Rabu, 16 Desember 2021.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menjelaskan, teknologi 5G yang dirilis untuk mempercepat transformasi digital di Penajam Paser Utara, yang berdekatan dengan Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Kami berharap peluncuran ini juga akan secara signifikan meningkatkan daya saing industri di kawasan ini,” kata Ahmad Al-Neama, Kamis, 16 Desember 2021.

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Balikpapan merupakan kota di Kalimantan Timur dengan industri manufaktur sebagai penggerak utama perekonomian.

Tercatat sektor manufaktur menyumbang 47% dari Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2020. Sedangkan, perikanan laut menjadi kontributor utama di sektor pertanian.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang hadir dalam acara launching mengungkapkan, Balikpapan memiliki sumber daya alam yang potensinya sangat besar. Dengan kehadiran teknologi 5G, ia berharap akan mengubah cara industri beroperasi sehingga dapat mendorong inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor.

“Saya tidak sabar untuk menyaksikan transformasi digital yang masif di kawasan ini, yang didukung tentunya oleh layanan 5G dari Indosat Ooredoo,” jelas Isran Noor.

Bertepatan dengan peluncuran layanan komersial 5G di Balikpapan, Indosat Ooredoo dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menandatangani MoU untuk memperkuat sektor pendidikan dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.

Sementara, Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin berharap teknologi 5G tersebut akan mempercepat implementasi smart city, smart government, dan smart industry, guna mempercepat pemulihan ekonomi di kawasan sehingga turut menjadi akselerator perekonomian nasional.

“Kami mengapresiasi komitmen Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan komersial 5G di Balikpapan, sebagai kota terbesar di Kalimantan Timur dan kota terdekat dari ibu kota baru Indonesia,” kata Rudy Salahuddin. (Way)