Tutup Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi, Ini Pesan Bupati Purworejo

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, saat menyerahkan penghargaan kepada peserta dengan nilai terbaik untuk masing-masing kejuruan, pada penutupan Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi, Kamis (31/03/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE, MM, secara resmi menutup Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan UPT BLK Dinperintransnaker, Kamis (31/03/2022). Hadir mendampingi bupati, Kepala Dinperintransnaker Ir Hadi Pranoto, Kabag Prokopim Rita Purnama, SSTP, MM serta unsur terkait lainnya.

Penutupan ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada peserta dengan nilai terbaik untuk masing-masing kejuruan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007 tentang pembagian urusan pemerintah antara pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota, urusan ketenagakerjaan merupakan urusan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten.

Pemkab Purworejo melalui Dinas Perindustrian Transmigrasi Dan Tenaga Kerja, menganggap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini para pencari kerja, sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja dalam penguasaan ketrampilan.

“Sehingga dapat digunakan untuk mencari nafkah melalui bekerja di industri atau perusahaan, atau membuka usaha sendiri sebagai wira usaha mandiri,” jelas Bupati.

Salah satu upaya untuk mengatasai problematika pengangguran, ujar Bupati, dengan memberikan pembekalan kompetensi kepada para pencari kerja sehingga mereka lebih siap bersaing di pasar kerja.

“Oleh karena itu, saya berpesan agar setelah selesai dari pelatihan ini, Saudara tetap dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dimiliki, agar nantinya dapat memperoleh pekerjaan atau bahkan dengan membuka usaha sendiri. Ilmu dari para instruktur merupakan bekal untuk selanjutnya mampu dan siap bersaing di pasar kerja,” kata Bupati.

Para pencari kerja juga diminta berhati-hati saat mencari pekerjaan, pastikan mencari pekerjaan melalui jalur yang resmi yakni di Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo. Karena saat ini juga banyak tindak kejahatan yang menyasar para pencari kerja.

Hadi Pranoto dalam laporannya menyampaikan, Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi tahun 2022 tersebut diikuti oleh 96 peserta, terdiri dari beberapa paket kejuruan, yakni, Pengelola Administrasi Perkantoran, Teknisi Telepon Seluler Perangkat Keras, Desain Grafis Muda, Menjahit Pakaian dengan Mesin, Juru Gambar Arsitektur (Drafter) dan Pemeliharaan Sepeda Motor Injeksi.

Tujuan pelatihan, menurut Hadi Pranoto, untuk peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja di Kabupaten Purworejo dengan harapan setelah selesai mengikuti pelatihan ketrampilan ini bisa menambah pengetahuan dan mempunyai skil sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang pada akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran khususnya di Kabupaten Purworejo.

“Semua pelatihan kejuruan yang dilaksanakan di UPT BLK Dinperintransnaker, menurut Hadi Pranoto, telah dilaksanakan dengan hasil Lulus 100 persen,” kata Hadi Pranoto.

Untuk peserta terbaik dari masing-masing kejuruan, untuk kejuruan Pengelolaan Administrasi Perkantoran, diraih Marnia Nurul Khotimah, Kejuruan Teknisi Telepon Seluler Perangkat Keras diraih Akmad Satria Damar Jagad, Kejuruan Desain Grafis Muda diraih Suratminingsih.

Kejuruan Menjahit Pakaian Dengan Mesin diraih Siti Fatonah, Kejuruan Juru Gambar arsitektur (Drafter) diraih Arethusa Basopati, Kejuruan Pemeliharaan Sepeda Motor Injeksi diraih Angga Tatak Laksana. (Jon/adv)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas