Stasiun Kutoarjo Siap Sambut Pemudik

    


Suasana stasiun Kutoarjo, Senin (19/6), masih sepi pemudik - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Arus mudik penumpang kereta api dari Jakarta yang turun di stasiun Kutoarjo, diperkirakan mulai ada peningkatan pada H-4. Hal itu, karena diberlakukannya cuti bersama oleh pemerintah mulai tanggal 23 Juni 2017.

Mengantisipasi lonjakan pemudik pengguna jasa kereta api ini, pihak stasiun Kutoarjo sudah melakukan berbagai persiapan. Demikian dijelaskan Arif Wahyono, wakil kepala Stasiun Kutoarjo.

“Intinya kita siap menyambut kedatangan para pemudik,” ujar Arif, Senin (19/6).

Dari sisi infrastruktur, jelas Arif, stasiun Kutoarjo menyediakan toilet gratis, baik di dalam maupun luar stasiun. Papan-papan penunjuk (informasi) beserta keterangannya, juga sudah tersedia. Untuk memberikan rasa aman bagi para pemudik, dari pihak kepolisian sudah mendirikan posko pengamanan di stasiun.

Kata Arif, dari anak perusahaan kereta api sendiri, yakni Reska, juga menyediakan takjil gratis setiap sore. Dari segi pelayanan, ada customer service mobile di ruang tunggu, yang siap membantu memberikan informasi bagi para penumpang, tanpa harus mengantri. Customer service mobile ini, berseragam kuning, dan ada 4 orang yang bertugas setiap harinya.

“Di sini juga tersedia mesin Finnet. Para penumpang bisa beli tiket sendiri di mesin ini tanpa harus antri di loket, bayar, dan langsung cetak, dengan bantuan operator,” terang Arif.

Dan selama arus mudik, jelas Arif, dari stasiun Kutoarjo ada 3 kereta tambahan, yakni, Kutojaya Selatan Lebaran, tujuan Kutoarjo-Kiaracondong, yang berangkat jam 11.10 WIB. Kereta Kutojaya Utara Lebaran tujuan Kutoarjo-Pasar Senen, berangkat dari stasiun Kutoarjo jam 10.40 WIB. Dan kereta Kutojaya Utara Lebaran tujuan Kutoarjo-Pasar Senin, yang berangkat dari stasiun Kutoarjo jam 20.30 WIB.

Lebih jauh Arif mengatakan, lonjakan penumpang yang naik dan turun di stasiun Kutoarjo, hingga kini sudah mulai ada peningkatan. Untuk hari Minggu (18/6), sebanyak 2.589 penumpang naik dari stasiun Kutoarjo, dan sebanyak 4.623 penumpang turun di stasiun Kutoarjo.

“Menindaklanjuti program paket motor gratis dari Kemenhub, sudah terdaftar 1.600 motor yang turun di stasiun Kutoarjo,” tambah Arif menjelaskan.
 
 
Jon







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas