SMKN 4 Purworejo Dapat Bantuan Ruang Praktek dan Bridge Simulator

    


Bridge Simulator atau Simulator Kapal, salah satu bantuan alat praktek siswa yang diterima SMKN 4 Purworejo dari Pemerintah Provinsi Jateng melalui DAK - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMKN 4 Purworejo atau yang dikenal dengan sebutan SMK Pelayaran yang beralamat di Desa Briyan, Kecamatan Ngombol, kini sarana dan prasarana pembelajarannya makin lengkap dengan bantuan gedung atau ruang praktek siswa dan alat Bridge Simulator atau Simulator Kapal.

Bantuan tersebut berasal dari DAK propinsi Jateng, dengan nilai total mencapai Rp 4,5 milyar untuk gedung dan peralatannya. Kedua bantuan tersebut, per tanggal 24 Oktober 2022 sudah selesai pekerjaannya dan secara resmi sudah dilaporkan ke pemberi pekerjaan serta sudah diterimakan ke sekolah dalam kondisi baik dan sekarang dalam masa pemeliharaan.

“Semua alat berfungsi dengan baik dan kemarin sudah diuji coba untuk simulator kapal oleh lima guru dari jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan,” jelas Waka Humas SMKN 4 Purworejo, Edi Mardiyanto, S.T., Kamis (24/11/2022).

Kelima guru tersebut mendapatkan pelatihan untuk mengoperasikan simulator kapal dari penyedia peralatan dengan materi pengoperasian secara umum peralatan, merencanakan pelayaran, menyandarkan kapal dan materi lainnya.

Praktek simulator, menurut Edi, dikenalkan di kelas XI untuk jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan, dimana sudah ada materi tentang merencanakan pelayaran dan olah gerak kapal seperti menyandarkan kapal dan mengemudikan kapal.

“Keberadaan alat simulator kapal tersebut menambah kelengkapan alat praktek siswa,” ujar Edi.

Harapannya, kata Edi, dengan tambahnya alat praktek siswa berupa simulator kapal tersebut, sekolah nantinya bisa lolos verifikasi untuk menjadi tempat uji kompetensi khususnya kemaritiman atau Nautika kapal Penangkap Ikan.

Karena, salah satu persyaratan sekolah menjadi tempat uji kompetensi, harus memiliki peralatan yang memenuhi standar.

“Sehingga siswa saat menjalani uji kompetensi tidak perlu jauh-jauh ke luar kota,” pungkas Edi. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS