SMK TKM Purworejo Raih Juara Terbanyak dalam LKS Tingkat Kabupaten

oleh
Irfan Dzaki, peraih juara 1 mata lomba Teknik Perancangan Permesinan CAD dari SMK TKM Purworejo saat menerima piala kejuaraan - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK TKM Purworejo berhasil meraih juara terbanyak dalam LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2023. Dari 25 mata lomba yang dipertandingkan, SMK ini berhasil meraih 8 tropi kejuaraan.

Ke 8 kejuaraan ini, juara 1 mata lomba Teknik Perancangan Permesinan CAD yang diraih Irfan Dzaki (XII TP B), juara 2 Teknik Rekayasa Cetak Plastik diraih Solihin (XII TP D), juara 3 Teknik Pengukuran diraih Wahid Ibnu Hasan (XII TP D), juara 3 Industrial Control diraih Gilang Rosyanto (XII TITL A).

Juara 2 Teknik Intalasi Kelistrikan diraih Satyam Adib Laksana (TITL B), juara 2 Teknologi Informasi Sistem Administrasi diraih Rizky Putra Pratama (XII TKJ B), juara 3 Teknik Desain Laman diraih Nibras Yumma Zain (XII TKJ B) dan juara 3 Teknologi Informasi Piranti Lunak diraih Setyo Nugroho (XI TKJ B).

Atas prestasi ini, Kepala SMK TKM Purworejo Ki Joko purwo Setyono, ST, M.Pd., mengaku sangat bangga dengan prestasi anak didiknya itu. Dia berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk juga berprestasi, baik di akademik maupun non akademik.

“Para siswa berprestasi ini mendapat reward dari sekolah berupa pembebasan SPP. Untuk juara 1 bebas SPP 3 bulan, juara 2 bebas SPP 2 bulan dan juara 1 bebas SPP 1 bulan,” jelas Ki Joko, Jum’at (17/03/2023).

Untuk siswa peraih juara 1, menurut Ki Joko, selanjutnya akan mewakili Purworejo dalam LKS SMK tingkat propinsi Jateng pada mata lomba Teknik Perancangan Permesinan CAD , yang rencananya akan dilaksanakan di Surakarta pada Mei 2023 mendatang.

Disampaikan pula, persiapan lebih matang telah dilakukan dalam menghadapi LKS tingkat propinsi ini. Hal itu dibuktikan dengan memenuhi kebutuhan untuk sarana latihan CAD, yakni laptop dengan spek khusus/lebih tinggi.

“Semoga bisa terpenuhi target kami, bisa menjadi juara 1. Karena tahun kemarin, kita kebetulan juga juara 1 di mata lomba CAD Kabupaten, namun saat maju ke propinsi berada di peringkat 16,” jelas Ki Joko.

Menurut Ki Joko, dalam LKS SMK tingkat Kabupaten yang diselenggarakan dari Senin (13/03/2023) hingga Kamis (16/03/2023), dari SMK TKM Purworejo mengikuti 11 mata lomba, sesuai kompetensi yang ada di sekolah.

Pesaing terberat selama mengikuti LKS, aku Ki Joko, peserta dari sekolah negeri, karena selain semua fasilitas dan sarana prasarana lebih lengkap dibanding swasta, input dari SDM nya, siswa sekolah negeri kompetensinya lebih baik.

“Kita juga berharap untuk juara 3 mata lomba Teknologi Informasi Piranti Lunak, karena saat ini masih kelas XI, diharapkan tahun depan bisa lebih baik lagi. Targetnya juga juara 1,” ungkap Ki Joko, yang didampingi Gunawan Wahyudi, S.T., M.Pd., guru pembimbing mata lomba Teknik Perancangan Permesinan CAD.

Dengan adanya kejuaraan LKS ini dan SMK TKM Purworejo bisa meraih tropi kejuaraan terbanyak, Ki Joko juga berharap masyarakat bisa memahami atau mengerti hal tersebut. Tentunya dengan begitu, SMK TKM Purworejo dipandang masyarakat baik dan akan lebih jaya, serta PPDB bisa maksimal dan terpenuhi.

Gunawan menambahkan, dengan dipenuhinya laptop dengan spek khusus untuk CAD, dirinya akan lebih meningkatkan latihan siswanya dalam menghadapi LKS tingkat propinsi. Dia optimis, siswanya itu akan meraih prestasi lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Dulu Lomba dilaksanakan secara daring, kalau sekarang luring. Itu artinya, kita bisa mendampinginya secara maksimal. Dan semua guru Teknik Mesin siap mensuport dengan melatih siswa secara bersama-sama,” ujar Gunawan.

Pesaing terberat dalam LKS propinsi, menurut Gunawan, peserta dari Pati, Kebumen dan Solo. Namun dengan pelatihan yang mengacu pada kisi-kisi soal, serta pemenuhan kelengkapan sarana latihan, Gunawan yakin bisa menghadapi para pesaing itu.

“Tahun lalu kendala kami di laptop, namun kini sudah teratasi. Mohon doanya supaya bisa meraih juara 1, sehingga bisa membawa nama baik Purworejo dan sekolah,” pungkas Gunawan. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News