Siap Maju di Pilbup Bangli, Yiyik Agustina Serius Berikan Ruang Kreatifitas untuk Difabel

oleh
Ni Kadek Yiyik Agustina - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Seringkali Disabilitas kurang mendapatkan penanganan yang tepat karena wawasan di lingkungannya masih minim informasi. Oleh karena itu mereka perlu ruang serta kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk beraktifitas dan berkreatifitas.

Kepedulian kita sangat penting untuk memperkuat solidaritas, dalam meletakkan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, yaitu dari paradigma karitatif dan charity based menjadi paradigma yang human rights based.

Demikian dikatakan Ni Kadek Yiyik Agustina Calon Bupati Bangli di sela kunjungannya di Jogja belum lama ini.

Yiyik (panggilan akrab-red) mengaku siap memberikan dukungan dalam menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi para penyandang disabilitas di negeri ini, agar hidup lebih bermartabat dan sejahtera, khususnya di tanah kelahirannya Bangli Provinsi Bali.

“Karena penyandang disabilitas juga adalah warga negara Indonesia, memiliki hak, kewajiban dan kedudukan yang setara, serta memiliki kesempatan yang sama dengan kita,” kata Yiyik.

Pengurus HIPMI ini juga mengatakan, stigma negatif terhadap penyandang disabilitas sudah seharusnya dihapus. Sebagai manusia yang sempurna secara fisik dan mental, harus memberikan dukungan dalam meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan kesamaan hak-hak penyandang disabilitas.

Dirinya tetap komit dan serius dalam memberikan perlindungan, kesempatan serta kesejahteraan kepada penyandang disabilitas, dengan menciptakan aksesibilitas dan inklusivitas.

Salah satunya dengan membantu memberikan ruang dan memperjuangkan akses dasar seperti pendidikan maupun kesehatan bagi penyandang disabilitas.

“Buat saudara-ku penyandang disabilitas, khususnya anak-anak SLB teruslah berkarya, kekurangan jangan dijadikan halangan dan hambatan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan,” kata Yiyik.

“Jangan berkecil hati, sesungguhnya kehidupan saudara dilindungi sepenuhnya oleh undang-undang,” tambahnya. (Her/Way)

KORANJURI.com di Google News